Agustin Debora MS
Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D
Drs. Mustangin, M.Pd
SMP Negeri 1 Pajarakan Kab Probolinggo; debora_bless@yahoo.co.id
FMIPA Universitas Negeri Malang; santira99@yahoo.com
Universitas Islam Malang; must_tangin9@yahoo.co.id
ABSTRAK

Kompetensi pedagogis dan profesional guru sangat menentukan dalam hal ini. Guru diharapkan mampu menganalisa tujuan dan isi materi, serta mampu mengorganisir materi sehingga efisien, efektif dan mudah bagi siswa. Konsep Aritmatika Sosial sebagai jaringan konsep apabila disajikan secara analitis akan menyulitkan siswa dalam memahami konsep secara utuh, sehingga siswa mengalami kesulitan ketika menganalisa keterkaitan antar konsep. Pembelajaran global yang memandang sesuatu secara menyeluruh, utuh dan tidak parsial, merupakan gaya belajar yang sejalan dengan pembelajaran matematika sebagai jaringan konsep. Sebagai bagian dari upaya optimalisasi longterm memory, pembelajaran global memerlukan bantuan mind mapping. Mind Mapping sangat membantu siswa dalam visualisasi dan penyandian konsep Aritmatika Sosial sebagai jaringan konsep secara utuh. Sebagaimana proses pengulangan sebagai bagian dari longterm memory system dalam pembelajaran, seyogyanya mind mapping disajikan setiap saat sepanjang pembahasan jaringan konsep matematika tertentu dibahas.

Kata kunci : Global Learning, Jaringan Konsep, Mind Mapping

Chat