Lia Yuliati
Jurusan Fisika FMIPA UM; Email: liayuliati_um@yahoo.com
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru IPA SMP melaksanakan pembelajaran IPA di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada 8 guru IPA yang meliputi 6 guru peserta program sertifikasi jalur pendidikan IPA yang sedang mengikuti kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di Universitas Negeri Malang dan 2 guru dari sekolah mitra UM. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, prosedur wawancara, dan lembar observasi Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terjadi pada kemampuan guru merencanakan pembelajaran 76%, kemampuan melaksanakan pembelajaran 68%, dan kemampuan mengevaluasi pembelajaran 60%. Guru mengalami kemajuan yang cukup baik dalam pemahamannya terhadap model-model pembelajaran, baik secara teori maupun implementasinya.

Kata kunci: kompetensi guru IPA, lesson study

Chat