Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD)

FMIPA UM telah menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) pada tanggal 22 – 24 Maret 2013 di AULA FMIPA UM dengan tema “BUILD YOUR SKILL TO BE A GREAT LEADER”. Kegiatan dimulai pada hari Jumat Tanggal 22 Maret 2013 dan dibuka oleh Wakil Dekan III, Dr. Fatchur Rohman, M.Si pada pukul 14.00 wib. Pada sesi pertama Wakil Dekan III juga memberikan materi “Pengembangan Motivasi dan Kreatifitas Mahasiswa dalam Kepemimpinan”. Berikut adalah jadwal Kegiatan LKMM-TD di FMIPA UM.

(more…)

Dosen Berprestasi Tahun 2013

Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud pada Tahun 2013 kembali akan menyelenggarakan Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013. Informasi lebih lanjut Diktentik Berprestasi dapat di unduh melalui Website: http://www.dikti.go.id

WORKSHOP KURIKULUM BERBASIS KBK DAN KKNI

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Menyikapi hal tersebut, pada tanggal 18-21 Maret 2013 FMIPA Universitas Negeri Malang menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis KBK dan KKNI” bertempat di Ruang Rapat FMIPA UM. Peserta workshop tersebut terdiri dari Para Wakil Dekan, Para Ketua Jurusan, Para Sekertaris Jurusan,  Koprodi Pendidikan IPA, Para Tim Kurikulum, Kabag TU, dan Kasubag Pendidikan. Pembicara Utama yaitu H. Sulur, S.Pd, M.Si (Dosen Jurusan Fisika-FMIPA UM) menjelaskan tentang “Penyusuna Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK dan KKNI Prodi di FMIPA UM”, dimana beliau menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan KKNI melalui 8 tahapan yaitu Menetapkan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusuan Rencana Perkuliahan. Setelah penyampaian bahan workshop oleh H. Sulur, S.Pd, M.Si dilanjutkan dengan diskusi kelompok penyusunan kurikulum berbasis KBK dan KKNI per jurusan  dan per kelompok program studi. 

Pada hari Kamis 21 Maret 2013, dilaksanakan presentasi hasil penyusunan kurikulum prodi berbasis KBK dan KKNI dari hasil diskusi kelompok per program studi yang di sampaikan oleh Wakil Dekan I FMIPA UM (Prof. Dr. Subandi, M.Si). (Pra)

DSC 0009

Kuliah Tamu Dr. K.H. Hasyim Muzadi

Senin (04/03/2012), FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kuliah tamu dengan tema “Membangun Ilmuwan dan Guru Berkarakter dalam Perspektif Agama”. Namun yang spesial, kuliah tamu kali ini mendatangkan sosok istimewa. Tak pelak, acara yang dilangsungkan di Aula Utama FMIPA· sampai dipadati oleh sekitar 500 orang dari kalangan mahasiswa S1, S2, dosen sampai pejabat fakultas. Suasana pun begitu khidmat dan antusias. Beliau adalah Dr. (HC) K.H. Hasyim Muzadi, mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU), organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Beliau juga pengasuh pondok pesantren Al-Hikam Malang, Jawa Timur.

Dr. (HC) Hasyim Muzadi

Kegiatan yang digagas oleh Jurusan Fisika UM ini bertujuan untuk memberikan pendidikan secara utuh kepada mahasiswa, dari segi perspektif lain, bukan hanya ilmu Fisika saja. Menurut Sekretaris Jurusan Fisika, Dr. Markus Diantoro, M.Si, mahasiswa perlu penyegaran, motivasi dan pembangunan karakter. “Mahasiswa tidak hanya dituntut untu belajar Fisika terus-menerus, tetapi juga ada nilai-nilai lain yang harus diimplementasikan” ungkapnya.

Selain itu masih menurut Markus, kegiatan ini juga merupakan ungkapan syukur atas capaian prestasi Program Studi (Prodi) Fisika yang tahun ini memperoleh akreditasi A. Lebih membanggakan, Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) mendapatkan hibah terbanyak di seluruh UM dengan jumlah 57 orang.

Dalam sesi kuliah tamu, Hasyim Muzadi memaparkan tentang pengembangan karakter. Menurutnya, karakter harus didiskusikan dan dicontohkan. Dosen harus memberikan tanggung jawab terhadap keilmuannya agar mampu diimplementasikan dalam hukum dan pemerintahan. “Banyak orang pinter tapi yang baik masih sedikit” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa membangun karakter itu ada dua, yaitu sosiohumanistik dan keagamaan. “Sosiohumanistik dapat diimplemetasikan dengan semisal membangun taman siswa. Sementara keagamaan bisa melalui ceramah, keseharian. Tapi yang terpenting adalah nurani dan rasa. Hal ini perlu agar seorang guru mampu mengejawantahkan pengajaran, pemahaman atau penghayatan dan tanggung jawab. Orang berilmu itu ya harus bertanggung jawab pada keilmuannya” tegas pria kelahiran Tuban, 68 tahun yang lalu itu

Untuk foto kegiatan, silahkan lihat disini

Prosiding SEMNAS MIPA November 2012

Rangkaian kegiatan Seminar Nasional FMIPA UM dengan tema “Peran MIPA dan Pembelajaran Menuju Revitalisasi Karakter Bangsa di Era Globalisasi” yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2012 sudah selesai dilaksanakan dengan hasil yang cukup memuaskan. Apabila ada acara yang perlu dibenahi silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang disediakan. Kepada Bapak/Ibu peserta Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran yang ingin mengunduh file Prosiding SEMNAS MIPA bisa menggunakan link dibawah ini.

Terimakasih dan semoga kita bisa bertemu pada kegiatan yang akan datang.

Arif Hidayat, Profesor Ilmu Optik Jurusan Fisika UM

Kamis tanggal 3 Januari 2013 merupakan hari yang bersejarah di Jurusan Fisika FMIPA UM. Hal ini dikarenakan pada hari tersebut, jurusan fisika FMIPA UM melahirkan seorang profesor dalam bidang ilmu optik. Dihadapan Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si menyampaikan pidato pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Optik sebagai perwujudan komitmen dan keteguhan hati untuk selalu menuntut ilmu dan mengamalkannya. Hal ini menjadi istimewa karena beliau menjadi profesor pertama di Jurusan Fisika FMIPA UM. Meski telah mendapatkan penghargaan tertinggi bidang akademik, tetapi tidak membuat pria kelahiran Malang 46 tahun yang lalu ini menjadi sombong. Bahkan dengan kerendahan hati pidato pengukuhan dengan tema [highlight color=”yellow”]“Model fotosensitivitas serat optik germanium silikat: Kaitannya dengan stabilitas termal Bragg Gratting” [/highlight]dapat dijalankan dengan tenang dan santun.

Prof. Dr. Arif Hidayat, M.SiMengawali rangkaian pidato pengukuhannya, Arif Hidayat menjelaskan tentang fotosintesis gelas germanosilikat yang mempunyai aplikasi luas dalam bidang telekomunikasi berbasis cahaya. Materi yang masuk dalam domain optik non linier tersebut, mengkaji interaksi cahaya yang berintensitas kuat dengan medium.

Menurut Arif Hidayat, kajian ini mempelajari efek iradiasi ultraviolet pada material gelas silikat yang dapat mengubah indeks bias secara permanen yang diinduksi oleh radiasi sinar ultraviolet. Gelaja yang demikian dikenal dengan efek fotosensitivitas. Pemahaman mengenai model-model fotosintesis dalam fabrikasi Bragg Gratting akan memberi informasi mengenai mekanisme terjadinya Bragg Gratting di dalam serat optik dan parameter-parameter yang mempengaruhi stabilitas dalam jangka panjang.

Lebih lanjut, Dekan FMIPA UM tersebut menjelaskan bahwa gejala tersebut sangat menarik untuk aplikasi telekomunikasi optik dalam kaitannya dengan kemungkinan untuk memfabrikasi piranti optik pasif dalam core serat optik atau dalam film tipis. Piranti tersebut berwujud suatu modulasi indeks bias core serat optik secara spasial yang disebabkan iradiasi medan frinji interferensi sinar ultraviolet pada periode tertentu. Modulasi ini dinamakan dengan Bragg Gratting.

Alumni Universite des Sciences et Technologies de Lille Prancis tersebut juga menjelaskan  bagaimana spektrum transmisi grating yang difabrikasi dalam serat optik SMF-28 dengan variasi suhu; perubahan reflektivitas dan pergeseran panjang gelombang Bragg dari spektrum Fiber Bragg Gratting sebagai fungsi perubahan strain gratting; dan implikasi model-model fotosintesis pada stabilitas gratting (model color centre, model densifikasi foto-elastik, dan model grating kimia).

Doktor Ilmu Fisika bidang Laser, Molekul dan Radiasi Atmosferik menyimpulkan bahwa pemanasan grating dilakukan untuk membuktikan model-model fotosintesis. Eksperimen dilakukan untuk mengkonfirmasi pentingnya cacat Ge(E’) dan densifikasi untuk menjelaskan fotosensibilitas gelas germanium silikat non hidrogenasi. Stabilitas termal relatif yang lemah dari cacat Ge(1) dan Ge(2) menyebabkan perbedaan stabilitas panjang gelombang dan indeks bias, serta memantapkan karakter lokal stabilitas indeks bias.

Tema pidato pengukuhan yang spesifik dikemas dengan bahasa yang umum dan lugas, menjadikan suasana yang terdiri dari berbagai kalangan tidak menjadi jenuh. “Demikian pidato yang sebenarnya spesifik fisika, saya kemas dengan bahasa yang seumum-umumnya. Jika para hadirin tidak bisa memahami isinya, maka saya mohon berdoa saja, semoga memberi manfaat untuk kita” Kata Arif Hidayat yang disambut tawa para undangan yang hadir.

Selamat atas keberhasilan yang diraih, semoga bermanfaat untuk kita semua

Jurusan Pendidikan IPA

Jurusan Pendidikan IPA

Website IPA ipa.fmipa.um.ac.id

Visi Misi dan Tujuan Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UM

{tab=Visi} Visi program studi S1 Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang adalah:

Mewujudkan Program Studi sebagai pusat unggulan dan rujukan dalam bidang pendidikan IPA.

{tab=Misi} Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misi program studi S1 Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang adalah:

    1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan IPA yang berkualitas dan mampu bersaing di era global dengan memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi.
    2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang pendidikan IPA.
    3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan IPA melalui publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat, dalam bentuk pendidikan, pelatihan, serta penyuluhan
    4. Mengembangkan budaya inkuiri dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam pelaksanaan pendidikan karakter.
    5. Memberdayakan alumni dalam rangka meningkatkan peran dan citra program studi.
    6. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas, keprofesionalan, dan keterserapan lulusan.

{tab=Tujuan} Untuk mewujudkan misi tersebut, tujuan penyelenggaraan program studi pendidikan IPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang adalah:

    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter luhur sebagai seorang pendidik
    2. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan materi IPA sekolah, pendekatan pembelajaran , cara evaluasi serta penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar pengembangan profesionalitas keguruan yang memenuhi tuntutan jaman.
    3. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian pendidikan dan penulisan karya ilmiah serta pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat menjadi rujukan dalam pendidikan IPA.
    4. Membuat publikasi ilmiah serta melaksanakan pembibingan pendidikan bagi masyarakat.
    5. Menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran untuk melaksanakan pendidikan karakter.
    6. Meningkatkan citra program studi melalui pemberdayaan alumni.
    7. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lulusan, keprofesionalan, dan keterserapan lulusan.

{tab=Laboratorium} Lab Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Malang adalah:

    1. Lab untuk Jurusan IPA
    2. Lab Fisdas
    3. Lab Kimdas
    4. Lab Biologi
    5. Lab Pembelajaran

{tab=Pengelola} Pengelola Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UM

    1. Ketua :
      Sri Rahayu, Dra., M.Ed., Ph.D (Lektor Kepala, IV/b), NIP 131973082 (196605141991122001), Sandi 3340, Dra Pendidikan Kimia, IKIP MALANG (1990), Diploma in Chemical Education, Naruto University of Education Japan (2001), M.Ed. Science Education, Deakin Universiy, Australia (1997), PhD in Science Education, Hyogo University of Teacher Education, Japan (2011),  Jl. Bendungan Sigura-gura 28, Malang 65145
    2. Kepala Laboratorium
      Agung Witjoro, S.Pd, M.Kes, (Asisten Ahli, III/b), NIP197303232005011001, Sandi 053482, S.Pd Biologi UNMUH Malang (1997), M.Kes Mikrobiologi UNAIR Surabaya (2003), Perum Bumi Tunggul Wulung Indah F-4 Malang.{/tabs}

{slider=Kompetensi Lulusan}

Kompetensi

Indikator

1. Pedagogik

(1) Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial,kultural, emosional, danintelektual.

(2) Menguasai teori belajar danprinsip-prinsip pembelajaran IPA.

(3) Mengembangkan kurikulummata pelajaran IPA.

(4) Menyelenggarakanpembelajaran IPA yang mendidik.

(5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasiuntuk kepentingan pembelajaran IPA.

(6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untukmengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

(7) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun denganpeserta didik.

(8) Menyelenggarakan penilaiandan evaluasi proses dan hasilbelajar IPA.

(9) Memanfaatkan hasil penilaiandan evaluasi untukkepentingan pembelajaran IPA.

(10)Melakukan tindakan reflektifuntuk peningkatan kualitaspembelajaran IPA.

2. Profesional

1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikirkeilmuan yang mendukung mata pelajaran IPA.

  • Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori IPA serta penerapannya secara fleksibel.
  • Memahami proses berpikir IPA dalam mempelajari proses dan gejala alam.
  • Menggunakan bahasa simbolik dalam mendeskripsikan proses dan gejala alam.
  • Memahami hubungan antar berbagai cabang IPA, dan hubungan IPA dengan matematika dan teknologi.
  • Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum alam sederhana.
  • Menerapkan konsep, hukum, dan teori IPAuntuk menjelaskan berbagai fenomena alam.
  • Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA dalam teknologi terutama yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami lingkup dan kedalaman IPA sekolah.
  • Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan pengembangan IPA.
  • Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja di laboratorium IPA sekolah.
  • Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga, alat hitung, dan piranti lunakkomputer untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas, laboratorium.
  • Merancang eksperimen IPA untuk keperluan pembelajaranatau penelitian.
  • Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara yang benar.
  • Memahami sejarah perkembangan IPA dan pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan tersebut.

(2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran IPA.

(3) Mengembangkan materi pembelajaran IPAsecara kreatif dan inovatif.

(4) Mengembangkankeprofesionalan secaraberkelanjutan denganmelakukan tindakan reflektif.

(5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri

3. Kepribadian

(1) Bertindak sesuai dengannorma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.

(2) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagipeserta didik dan masyarakat.

(3) Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

(4) Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

(5) Menjunjung tinggi kode etikaprofesi guru.

4. Sosial

(1) Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi

(2) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

(3) Beradaptasi di tempatbertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial b udaya.

(4) Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

{/slider}

{slider=Kualifikasi Lulusan Pendidikan IPA FMIPA UM}
Kualifikasi Utama :

    1. Pendidik (Guru) IPA pendidikan dasar.

Kualifikasi tambahan :

    1. Pengelola Laboratorium  IPA sekolah
    2. Peneliti bidang pendidikan IPA sekolah
    3. Pengelola Pendidikan
    4. Penulis dan editor buku ajar IPA sekolah
    5. Wirausahawan alat peraga/software pembelajaran

{/slider}

untuk file daftar matakuliah dan susunan matakuliah per semester bisa di download pada link dibawah ini.

Chat