PEMBELAJARAN ALJABAR LINIER ELEMENTER DENGAN PROBLEM POSING

 

Tri Hapsari Utami

 

Abstrak: Pembelajaran matematika dengan problem posing memberi kesempatan mahasiswa untuk merumuskan pertanyaan/soal dari suatu situasi yang diberikan. Sekaligus dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kecintaannya terhadap matematika, sebab ide-ide matematika yang muncul digunakan untuk memahami masalah yang sedang dikerjakan dan dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pembelajaran dengan problem posing melalui 3 tahapan, tahap pemberian informasi oleh Pembina matakuliah, tahap tugas problem posing, dan tahap presentasi. Tugas problem posing dikerjakan secara berkelompok. Penilaian tugas problem posing memperhatikan tingkat kejelasan soal, tingkat kesulitan soal, baru/modifikasi/lama soal, kebenaran jawaban. Pembelajaran problem posing dalam matakuliah Aljabar Linier Elementer memberikan hasil yang positif, yaitu tingginya prosentase kelulusan mahasiswa yaitu 98% dan prosentase mahasiswa yang memperoleh nilai minimal B sebanyak 57%. Selain itu, hasil angket menunjukkan respon yang positif karena mahasiswa merasa keaktifan dan kemandirian mahasiswa lebih meningkat.

 

Kata kunci: problem posing, aljabar linier elementer

 

Chat