- Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif group Investigation dengan Pendekatan Salingtemas dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang.
Jurnal Biologi dan Pengajarannya CHIMERA Tahun 14, Nomor 1, Januari 2009 ISSN 0853-8824; halaman 42-50
- Model Pelatihan Berbasis Kelompok Kerja Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Perangkat Penilaian Berbasis Kelas.
Jurnal Ilmu Pendidikan JIP Jilid 16, Nomor 1, Pebruari 2009; ISSN 0215-9643; Terakreditasi Dirjen Dikti Nomor: 43/DIKTI/KEP/2008 tanggal 8 Juli 2008; halaman 28-39
- Pembelajaran Berbasis Projek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Limnologi di Jurusan Biologi.
Jurnal Ilmu Pendidikan JIP Jilid 17, Nomor 5, Juni 2011; ISSN 0215-9643; Terakreditasi Dirjen Dikti Nomor: 43/DIKTI/KEP/2008 tanggal 8 Juli 2008; halaman 368-377
- Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Metodologi.
Jurnal Ilmu Pendidikan JIP Jilid 18, Nomor 2, Desember 2012; ISSN 0215-9643; Terakreditasi Dirjen Dikti Nomor: 43/DIKTI/KEP/2008 tanggal 8 Juli 2008; halaman 157-165
- Pembelajaran, Makhluk Hidup atau Benda Mati: Suatu Analogi.
Prosiding di sajikan pada Seminar Nasional MIPA Peran MIPA dalam Pengembangan Teknologi dan Pendidikan Berkarakter Menuju Bangsa Mandiri, tanggal 13 November 2010 di FMIPA UM; ISBN: 978-602-97895-1-5; halaman Bio-109 s.d Bio-116
- Lesson Study Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Metode Penelitian.
Prosiding di sajikan pada Seminar Nasional LS IV: tanggal 12 November 2011di FMIPA UM; ISBN: 978-602-97895-5-3; halaman 31 s.d 38, Peran Lesson Study Dalam Mengembangkan Keprofesionalan Pendidik dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional Development)
- Menjadi Guru Sains Profesional Melalui Lesson Study Berbasis Inkuiri.
Prosiding di sajikan pada Seminar Nasional LS IV: Peran Lesson Study Dalam Mengembangkan Keprofesionalan Pendidik dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional Development), tanggal 12 November 2011di FMIPA UM; ISBN: 978-602-97895-5-3; halaman 123 s.d 130
- Aktivitas Belajar Mahasiswa Calon Guru Melalui Penerapan Blended Learning Menggunakan Website Berbasis MOODLE.
Prosiding di sajikan pada Seminar Nasional Biologi -IPA 2013 tanggal 19 Januari 2013 di FMIPA Universitas Negeri Surabaya ISBN: 978-979-028-573-6