Tri Hapsari Utami-Pembelajaran Pembulatan dan Penaksiran di SD_seminarTEQIP_2013

Pembelajaran Pembulatan dan Penaksiran di Sekolah Dasar

Tri Hapsari Utami

Matematika FMIPA UM

 

Abstrak: Di lapangan masih banyak ditemukan pembelajaran pembulatan dan penaksiran yang membebani siswa dengan hanya menghafal, dan siswa belum tahu manfaat belajar materi tersebut. Kemampuan memecahkan masalah adalah muara tujuan pembelajaran matematika sekolah. Kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, senantiasa mempertimbangkan moral, dan memahami perbedaan pandangan/pendapat merupakan kemampuan yang menunjang tercapainya kompetensi masa depan agar siswa mampu menyesuaikan dan menyelesaikan masalah yang terjadi. Terkait dengan hal tersebut, akan dibahas soal atau masalah yang dapat mendukung proses pembelajaran agar tercapainya kompetensi terkait pembulatan dan penaksiran di kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pembulatan dan Penaksiran

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat