PEMBELAJARAN KONSEP PERBANDINGAN
(suatu bahan diskusi)
Tri Hapsari Utami
Jurusan Matematika FMIPA Universitas Malang
Abstrak: Salah satu yang perlu dipersiapkan seorang guru dalam proses pembelajaran adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Menurut
Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk 1 Kompetensi Dasar. Adapun Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar telah ditetapkan pada Standar Isi. Sebagian besar guru menyusun RPP sesuai hirarkis SK, KD yang telah ditetapkan. Sudah
tepatkah susunan SK/KD yang ada? Tampaknya kita masih perlu untuk mengkaji SK/KD tersebut. Pada kajian ini akan dibahas SK/KD yang terkait masalah
perbandingan. Diharapkan dengan kajian ini, kita akan lebih baik dalam menyusun suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Kompetensi yang
diharapkan.
Kata Kunci: Standar Proses, Kompetensi Dasar, RPP, Perbandingan.