Sunday , December 16 2018
Home / Akademik FMIPA UM / Jurusan / Jurusan Matematika FMIPA UM

Jurusan Matematika FMIPA UM

A. VISI DAN MISI JURUSAN

Berdasarkan statuta Universitas Negeri Malang dan buku Pedoman Pendidikan UM Edisi 2006, Jurusan Matematika merupakan unsur pelaksana akademik FMIPA Universitas Negeri Malang, yang tugas utamanya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dan/atau profesional dalam kelompok disiplin kependidikan dan keilmuan bidang Matematika. Kelompok disiplin kependidikan diwadahi dalam program studi Pendidikan Matematika dan kelompok di­siplin keilmuan diwadahi dalam program studi Matematika.

Program studi merupakan kesatuan rencana belajar yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum dengan tujuan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan rumusan visi, misi sebagai berikut.

Visi Jurusan Matematika

Menjadi jurusan yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan pembelajarannya.

Visi Program Studi 1 Pendidikan Matematika

Visi Program Studi Matematika

Sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan matematika.

Sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan terapannya.

 

Misi Jurusan Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika, baik kependidikan maupun nonkepen­didikan, yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika, baik kepen­di­dikan maupun nonkependidikan, yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berke­lanjutan.

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

Misi Program Studi Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika dan pendidikan matematika yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakat; serta
  4. Memberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Pendidik­an Matematika.
 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika dan terapannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika dan terapannya yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakaMemberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Matematika.t; serta
  4. Memberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Matematika.

 1.Tujuan Jurusan Matematika

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi berbasis kompetensi yang dimiliki;
  2. Meningkatkan relevansi proses pembelajaran kimia selaras de­ngan perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Memberikan sumbangan pada pengembangan ilmu kimia dan pembelajaran kimia berbasis hasil-hasil penelitian berkualitas
  4. Berperan serta dalam mengisi pembangunan nasional, memberi­kan sumbangan pemikiran maupun keterlibatanlangsungpada masyarakat
  5. Memberikan sumbangan pemikiran maupun keterlibatan lang­sung pada masyarakat

  Tujuan Jurusan Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk menghasilkan sarjana Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Matematika dan Pendidikan Matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Jurusan Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Jurusan Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Jurusan Matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Jurusan Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Jurusan Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan Jurusan Matematika dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan menghasilkan sarjana Pendidikan Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Pendidikan Matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Ma­te­ma­tika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Program Studi Pendidikan Matematika.dalam me­ning­katkan kualitas pembelajaran matematika di lingkup pendidikan dasar dan me­ne­ngah dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.Meningkatkan peran alumni sebagai partner Program Studi Pendidikan Mate­ma­tika. FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan kemampuan program studi dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

Tujuan Prodi Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk menghasilkan sarjana Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Matematika dan terapannya.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Program Studi Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Program Studi Matematika.dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Program Studi Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan program studi dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

LABORATORIUM

Laboratorium di Jurusan Matematika memiliki peran untuk mendukung matakuliah  yang dilengkapi praktikum dari Progran Studi Pendidikan Matematika maupun Program Studi Ma­te­matika. Berangkat dari kebutuhan tersebut laboratorium di Jurusan Matematika dipilah men­ja­di enam  sub laboratoirum;

  1. Sub laboratorium Pembelajaran (SUBLAB PBM)
  2. Sub la­bo­ratorium Komputasi (SUBLAB KOMPUTASI)
  3. Sub laboratorium Analisis (SUBLAB ANALISIS)
  4. Sub laboratorium Aljabar (SUBLAB ALJABAR)
  5. Sub laboratorium Statistik & Geometri (SUBLAB STATISTIK & GEOMETRI)
  6. Sub laboratorium Terapan (SUBLAB TERAPAN)

Masing-masing sub laboratorium dipimpin oleh seoran ketua (kasublab). Masing-masing sublab memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Sublab PBM memiliki tugas: (1) mendukung kelancaran pelaksanaan matakuliah-matakuliah PBM, (2) mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga baik peraga fisik maupun alat peraga virtual (yang berupa software komputer) yang mendukung pembelajaran matematika  di sekolah, (3) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran terbaru, (4) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang pendidikan.
  2. Sublab Komputasi memiliki tugas: (1) mendukung kelancaran matakuliah-matakuliah yang menggunakan komputer sebagai alat praktikum, (2) mendukung sublab PBM dalam mengembangkan paraga virtual, (3)  mengembangkan dan memproduksi peraga virtual serta model-model pembelajaran visual, (4) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang komputasi.
  3. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok analisis, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran analisis, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang analisis.
  4. Sublab Aljabar memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok aljabar, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran aljabar, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang aljabar.
  5. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok statistik dan geometri, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran statistik dan geometri, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang statistik dan geometri.
  6. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok terapan, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran terapan, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang terapan.

Untuk Kurikulum, SKS, Data Dosen dan Laboran serta info lainnya, silahkan langsung kunjungi web Jurusan Matematika.

Check Also

Jurusan Kimia FMIPA UM

A. VISI, MISI DAN KOMPETENSI LULUSAN Jurusan Kimia menyelenggarakan tiga Program Studi (Prodi) jenjang S1, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *