Gambar 1. Tim Smart Glove Translator

 

Tim smart glove translator (smover) yang digawangi oleh Amelia Fadhil Nurlaila dan tim Ahmad Himawari Rasidy, Mahesa Anam Saputra, Mahromatul Isri, Muhammad Wildan Habibi, berhasil membawa pulang medali perak pada kategori poster pada ajang bergengsi PIMNAS ke-36 yang diselenggarakan di UNPAD. Rangkaian kegiatan PIMNAS 36 yang diselenggarakan pada 26-30 November 2023 ini dimulai dari pameran karya inovasi, poster, presentasi dan penutupan sekaligus pengumuman para pemenang di masing-masing kategori. Pada ajang ini tim smover dari Departemen Fisika UM membuat suatu inovasi karsa cipta dibawah bimbingan Ibu Dr. Herlin Pujiarti, M.Si yang diberi nama smart glove translator (smover) yang digunakan untuk membantu penyandang disabilitas.

 

Gambar 2  . Prototype Smart Glove Translator

 

Smart Glove Translator merupakan sarung tangan pintar yang dilengkapi  dengan tiga komponen utama yaitu sensor Flex, sensor Gyro, dan Voice Recognition V3 Module pada gambar 8 Smart Glove Translator menggunakan sensor Flex dan Gyro yang memiliki fungsi mendeteksi gerakan jari dan gerakan tangan yang dapat mengidentifikasi gerakan bahasa isyarat secara langsung. Pada fitur Speech to Text, komponen yang digunakan adalah Voice Recognition V3 Module yang memiliki fungsi merekam suara berdasarkan frekuensi sehingga mampu mengenal suara sesuai dengan data yang di-input. Berdasarkan fungsional tersebut, maka sensor Flex, sensor Gyro, dan Voice Recognition V3 Module dapat diterapkan pada fungsional fitur Sign Language to Audio dan Speech to Text guna membantu komunikasi penyandang disabilitas tunarungu.

Pada malam penganugerahan PIMNAS-36 ketua tim menyampaikan bahwasanya pencapaian ini adalah hasil kerja keras serta kerja sama yang baik dari semua pihak yang terlibat, khususnya tim smover, pembimbing dan dukungan yang luar biasa dari UM. Tentunya karsa cipta ini tidak hanya berhenti pada target mendapatkan medali saja, lebih dari itu karsa cipta ini diharapkan bisa benar-benar dimanfaatkan oleh para penyandang disabilitas. Semoga pencapaian ini bisa membawa nama UM lebih dikenal di kancah nasional khususnya di ajang PIMNAS, imbuhnya.

Gambar 3. Pengumuman Pemenang Poster

 

Chat