Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS merupakan kompetisi ilmiah tingkat nasional di Indonesia yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbdudristek). Acara ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mempresentasikan hasil penelitian dan karya ilmiah mereka. PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. Pada PIMNAS tahun ini telah ditetapkan Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai tuan rumah pelaksana PIMNAS ke-36 tahun 2023.

Pada 29 November 2023, Tim Math Vision yang beranggotakan Izza Ardiansyah, Ajeng Shindi Faniya, Alvalen Shafelbilyunazra, dan Lilia Qotrun Nada dengan dosen pembimbing Dr. Imam Rofiki, S.Si., M.Pd. mengikuti final PIMNAS ke-36 di Universitas Padjajaran. Babak final ini dilaksanakan dengan mempresentasikan prototipe, artikel ilmiah, dan berbagai luaran wajib dan tambahan yang telah dibuat sebelumnya. Tim Math Vision telah menampilkan karya yang berjudul “Inovasi Smart Glasses dengan Motion Sensor System Input sebagai Media Pembelajaran bagi Penyandang Tunagrahita” pada bidang PKM Karsa Cipta (KC). Tim Math Vision telah berhasil menarik perhatian para dewan juri sehingga terlihat antusias.

Setelah melalui serangkain final, tim Universitas Negeri Malang menghadiri kegiatan penutupan pada 30 November 2023. Tim Universitas Negeri Malang terpilih menjadi juara umum 5 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-36 Tahun 2023. Hal ini merupakan sebuah pengalaman berharga bagi mahasiswa.

 

Chat