Di sela-sela perhelatan pertandingan olahraga antar perguruan tinggi LPTK CUP 2023 (2-4 Oktober 2023), para Dekan anggota Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI) mengadakan pertemuan dan diskusi bertempat ruang rapat FMIPA UM tepatnya pada hari Senin, 2 Oktober 2023.
Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua AMLI Prof. Dr. Muktiningsih dari UNJ dan dihadiri beberapa dekan dan wakil dekan dari seluruh Indonesia. Beberapa Dekan FMIPA LPTK yang tidak hadir secara langsung juga bergabung secara on-line melalui zoom.  Ketua AMLI LPTK menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan AMLI yang diselenggarakan di Yogyakarta.
Dalam kesempatan ini, Dr. I Wayan Sukra Warpaladari dari UNDIKSA menginisiasi diskusi mengenai penelitian bidang Etnosains, yang mengaitkan pembelajaran sains dengan kearifan lokal yang ada di masyarakat. Topik penelitian ini menurut Ketua AMLI LPTK berpotensi untuk dikembangkan oleh para peneliti di lingkungan AMLI LPTK.
Dekan FMIPA UNY, Dekan FMIPA UNNES, dan Dekan FMIPA UNIMED juga menyambut gagasan ini dan menyampaikan bahwa beberapa penelitian terkait Etnosains telah dilaksanakan oleh para peneliti. Kerjasama penelitian lebih lanjut untuk mengangkat topik Etnosains diperlukan agar mengangkat isu kearifan local secara lebih komprehensif dari berbagai wilayah Indonesia. Pertemuan ini menekankan perlunya agenda khusus terkait penelitian Etnosains ini dengan harapan dapat diterbitkan sebuah book chapter terkait dengan riset Etnosains yang dapat menjadi acuan bersama. 

Chat