Pada hari Senin tanggal 25 September 2023 telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara  UPT Laboratorium Terpadu UPN Veteran Yogyakarta dengan FMIPA UM.  Perjanjian Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan laboratorium terpadu di kedua belah pihak. Hadir dalam kegiatan ini Dekan FMIPA UM Prof. Dr. Hadi Suwono, M. Si, Kepala UPT Laboratorium  Terpadu UPN  Veteran Yogyakarta, dan Kepala Laboratorium Sentral FMIPA UM Prof. Surjani Wonoraharjo, Ph.D.  Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini juga disaksikan jajaran pejabat di lingkungan FMIPA UM.
Sebelum acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama dimulai, dilakukan sharing session yang dimoderatori oleh Prof. Surjani.
Dekan FMIPA UM, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, menyampaikan bahwa Laboratorium Sentral FMIPA UM merupakan salah satu laboratorium rujukan di UM. Laboratorium sentral mengelola berbagai peralatan untuk melayani kebutuhan penelitian dosen di FMIPA UM. Dalam perkembangannya,  laboratorium sentral juga melayani peneliti dari luar FMIPA UM bahkan dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.
Melalui Penandatanganan Kerjasama dengan UPT Laboratorium  Terpadu Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta diharapkan dapat meningkatkan kinerja kedua belah pihak misalnya dengan berbagi kepakaran, berbagi informasi, dan berbagi pelayanan laboratorium. Dekan FMIPA juga berharap Kerjasama ini dapat berkembang dengan lebih baik bahkan mengembangkan rintisan pengembangan jurnal terkait dengan metode penelitian.
Dalam sambutannya, Kepala UPT Laboratorium Terpadu UPN Veteran Yogyakarta menyampaikan terima kasih telah mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan Laboratorium Sentral FMIPA UM. UPT Laboratorium  Terpadu UPN  Veteran Yogyakarta memiliki program studi bidang ilmu Perminyakan, Lingkungan, Geomatika, Metalurgi yang hanya dimiliki sedikit perguruan tinggi  di Indonesia. Dalam perkembangannya, Laboratorium  Terpadu UPN  Veteran Yogyakarta telah membangun gedung laboratorium dan pengadaan berbagai peralatan. Ke depan, UPT Laboratorium  Terpadu UPN  Veteran Yogyakarta juga akan mengembangkan laboratorium mineral dan metalurgi dan energi. FMIPA UM menjadi salah satu tujuan benchmarking karena telah mengelola laboratorium mineral maju.
Kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini diakhiri dengan kunjungan tim Laboratorium  Terpadu UPN  Veteran Yogyakarta ke Laboratorium Terpadu UM dan ke Laboratorium Sentral FMIPA UM. Diskusi dilakukan untuk mengidentifikasi peralatan yang telah dimiliki, bahan-bahan yang telah dianalisis dan juga manajemen utamanya untuk mengembangkan laboratorium berstandar industri.

Chat