Pada tanggal 25 Agustus 2023, DMF MIPA UM menyelenggarakan kegiatan Sarasehan 1. Kegiatan Sarasehan 1 DMF MIPA UM dilaksanakan secara luring, di Aula B20 FMIPA UM. Acara tersebut dimulai dari pukul 13.00 WIB dan diakhiri pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa FMIPA mulai dari jenjang S1, S2, dan S3 serta seluruh dosen dan staff karyawan Fakultas MIPA. Sarasehan 1 merupakan kegiatan penyampaian aspirasi berupa kritik dan saran yang disampaikan oleh mahasiswa kepada pihak fakultas. Pada kegiatan ini DMF MIPA mengusung tema “Salurkan Aspirasi untuk Perubahan yang Berarti”. Diharapkan dengan tema tersebut nantinya hasil dari Sarasehan I dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk fakultas agar FMIPA lebih baik lagi.
Sarasehan 1 dihadiri langsung oleh beberapa pimpinan fakultas. Diantaranya oleh Ibu Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si selaku Wakil Dekan I FMIPA, Bapak Prof. Dr. Sentot Kusari, S.Pd. M.Si selaku Wakil Dekan III FMIPA sekaligus dosen pendamping DMF MIPA UM 2023. Selain Wakil Dekan FMIPA, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Kasubag UMUM FMIPA, seperti Bapak Abd. Wahed, S.T. selaku Sub Koordinator Umum dan BMN FMIPA; Bapak Mujahidin Akbar, S.Kom. selaku Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA;  Ibu Elfin Muljawati, S.Sos. selaku Koordinator Tata Usaha FMIPA; dan Ibu Kristina Hestiningsih, S.AP. selaku Sub Koordinator Keuangan dan Kepegawaian FMIPA. Sarasehan 1 juga mengundang Bupati dan Gubernur ormawa FMIPA dan meminta delegasi untuk setiap offering. Undangan ormawa dan delegasi masih banyak yang berhalangan hadir karena beberapa faktor. Akan tetapi aspirasi tetap dapat tersampaikan dengan baik.
Kegiatan Sarasehan I DMF MIPA UM diawali dengan penyebaran link angket aspirasi serta pembukaan open submission karya aspirasi kepada seluruh mahasiswa FMIPA. Pada link angket aspirasi terdiri dari beberapa topik yang dibahas yaitu akademik, MBKM, administrasi, dan sarana prasarana. Penyebaran link angket aspirasi dilakukan setiap hari oleh seluruh pengurus DMF MIPA melalui story WhatsApp, SnapGram, dan juga private chat kepada mahasiswa FMIPA. Setelah penutupan link angket aspirasi, hasil tersebut diolah bersama dengan hasil sarasehan dari setiap departemen. Hasil dari pengolahan tersebut ditayangkan pada hari H kegiatan Sarasehan I berlangsung dalam bentuk Power Point. Hasil yang ditayangkan ditanggapi secara langsung oleh pihak fakultas yaitu Ibu Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. Beliau memberikan tanggapan untuk semua topik yang juga dibantu oleh Bapak Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si dan juga Bapak Abd. Wahed, S.T selaku Sub Koordinator Umum dan BMN FMIPA. Pada saat acara berlangsung, Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa terkait dengan bidang MBKM dan akademik, “Semangat untuk belajar dan memanfaatkan fasilitas yang ada, ambil ilmu sebanyak mungkin sebagai bekal untuk mencari ilmu lain dari luar UM”. Selain hasil pengolahan angket, ditayangkan juga hasil dari open submission karya aspirasi. Kegiatan open submission karya aspirasi terbaik diraih oleh salah satu mahasiswa departemen kimia. Kegiatan Sarasehan I ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.

Chat