Perhelatan ilmiah yang melibatkan para peneliti, akademisi, professional industry, pengambil kebijakan, dan para pihak terkait dalam bidang kimia berkelanjutan (sustainable chemistry)  telah diselenggarakan oleh Departemen Kimia FMIPA UM.
Acara yang digelar dengan judul International Conference on Sustainable Chemistry (ICSChem) dibuka oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, dimulai pada hari Selasa 22 Agustus 2023 dan berakhir pada 23 Agustus 2023.
Seratus tujuh puluh tujuh peserta, baik nasional maupun internasional hadir dalam kegiatan ilmiah yang bertempat di Gedung Kuliah Bersama A20 tersebut. Dalam sambutannya, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan terima kasih atas kehadiran peserta pertemuan dari berbagai belahan dunia. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa dalam kondisi lingkungan yang terus menerus mengalami perubahan ini, peranan ilmu kimia sangat diperlukan. Berbagai paparan presentasi ilmiah dalam konferensi ini diharapkan dapat menghadirkan solusi yang berkelanjutan bagi permasalahan lingkungan.

Pertemuan ilmiah bertajuk International Conference on Sustainable Chemistry (ICSChem) ini menghadirkan beberapa pakar di bidang sustainable chemistry seperti Prof. Lars Borchardt (Jerman), Prof. Dr. Yun Hau Ng (Hongkong), Prof. Dr. Anugerah Ricky (Indonesia), Prof. Dr. Agus Haryono (BRIN), Dr. Prihardi Kahar (BRIN), dan Dr. Nor Kartini Binti Abubakar (Malaysia).
Menurut Prof. Dr. Ricky yang juga Ketua Departemen Kimia FMIPA UM, pertemuan ini sejalan dengan visi  FMIPA UM untuk menjadi unggulan dan rujukan di Asia pada 2030. Pertemuan diharapkan juga dapat meningkatkan kolaborasi internasional khususnya dalam bidang Penelitian  dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta Publikasi Ilmiah Bidang Kimia. Meskipun pelaksanaannya secara hybrid, pertemuan ilmiah ini berjalan dengan lancar memberikan dampak pada wawasan ilmiah mahasiswa FMIPA UM  khususnya mahasiswa Departemen Kimia.

Chat