Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang (UM) akan mengadakan International Short Courses dengan Tema “From Algorithms to Education: Exploring the Vital Role of Mathematics in IT Development and Education” mulai 12 Juli s.d. 30 Agustus 2023. Seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan secara daring, baik sinkronus dengan menggunakan Google Meeting serta Zoom Cloud Meeting ataupun asynchronous dengan menggunakan MOOC UM.
Materi-materi akan disampaikan dengan sangat menarik oleh para ahli di bidangnya. Secara umum terdapat dua bidang yang akan disampaikan, yaitu matematika dan pendidikan matematika.
Materi bidang Pendidikan Matematika akan disampaikan oleh Assoc. Prof. Dr. Noor Azean Atan dari Universiti Teknologi Malaya tentang “Gamification in Learning” serta Assoc. Prof. Dr. Hutkemri dari University of Malaya tentang “Innovation Technology”. Pada materi “Gamification in Learning”, para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait penggunaan elemen-elemen permainan dan mekanisme permainan dalam konteks pembelajaran. Sedangkan pada materi “Innovation Technology”, para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait penggunaan teknologi yang mungkin mengubah cara pengajaran, pembelajaran, dan interaksi dalam konteks pendidikan. Misal pemanfaatan IoT, AR, VR, dan lainnya dalam proses pembelajaran.
Sedangkan untuk bidang Matematika akan disampaikan oleh Assoc. Prof. TS Dr. Ahmad Kadri Junoh dari Universiti Malaysia Perlis mengenai “Python Programming and Statistical Analysis with Python”, dan Aleams Barra, M.Si., Ph.D dari Institut Teknologi Bandung mengenai “Coding Theory”. Pada materi “Python Programming and Statistical Analysis with Python”, para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait bahasa pemrograman Python dan pemanfaatan Python dalam analisis statistik. Sedangkan pada materi “Coding Theory”, para peserta akan mendapatkan pengetahuan terkait salah satu cabang ilmu matematika yang berkaitan dengan teknik pengkodean yang digunakan untuk mengamankan dan memperbaiki data yang dikirim melalui saluran yang tidak dapat diandalkan.
Pada akhir sesi, seluruh peserta kegiatan ini ditugaskan untuk membuat sebuah mini project. Mini project selanjutnya akan dipresentasikan selama 3 menit. Tiga presenter terbaik dari masing-masing bidang (matematika dan pendidikan matematika) akan mendapatkan hadiah menarik. Tentu saja selain akan mendapatkan sertifikat, networking, dan ilmu yang bermanfaat yang juga diperoleh oleh seluruh peserta. Selain itu, bagi mahasiswa juga akan mendapatkan kredit yang setara 2 sks.
Target peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa (sarjana, magister, dan doktor), peneliti muda, dosen, praktisi, dan guru, baik dari dalam ataupun luar negeri. Link pendaftaran dapat Anda akses melalui https://bit.um.ac.id/ISC_Math_UM_2023 dengan batas waktu pendaftaran s.d. 07 Juli 2023.
Informasi lebih lanjut dapat Anda dapatkan dengan menghubungi narahubung kegiatan Saudari Echa di nomor 0852 3662 5916 (WA Only).

Chat