Dewasa ini permasalahan mengenai kesulitan dalam mencari pekerjaan adalah hal yang sering kita dengar. Banyaknya lulusan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tidak sebanding dengan kebutuhan karyawan atau pegawai institusi. Dikutip dari sindonews.com menteri tenaga kerja, Ida fauziah menyebutkan bahwa permasalahan pengangguran ini masih menjadi PR yang belum terselesaikan. Beliau berpendapat bahwa hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya link and match yang disiapkan di perguruan tinggi dengan pasar kerja.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahun Alam Universitas Negeri Malang mengadakan seminar kewirausahaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa terutama angkatan 2019-2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 februari 2022 di aula gedung B20 FMIPA UM. Seminar ini diisi oleh dua pembicara yang berpengalaman di bidang wirausaha yaitu Ibu lie nursam selaku direktur/CEO PT.Kemala Cipta Selaras dan Bapak Zakky Ramadhan selaku CV Gedung Pinang Selaras.

Kegiatan dibuka oleh bapak Wakil Dekan III, bapak Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si., kemudian dilanjutkan dengan pembicara pertama yaitu ibu lie nursam dengan tema “Let’s Build a Big Dreams”.

“Apapun itu yang mengawali adalah mimpi, maka jangan takut untuk bermimpi” ungkapnya di awal seminar. Beliau menjelaskan bagaimana perjalanan karirnya hingga mencapai ke titik ini sebagai wirausahawan. Menurutnya untuk memulai bisnis perlu mencari partner kerja yang terpecaya kemudian setelah bisnis dirintis kestabilan bisnis perlu dijaga. Beliau menyampaikan sedikit tips mencari partner kerja yaitu dengan mencari orang yang memiliki visi, misi, dan passion yang sama. Beliau juga menyampaikan dalam berbisnis kedisiplinan dan kerja keras sangat diperlukan.

Seminar dilanjutkan oleh wirausahawan muda bapak Zakky Ramadhan yang membagikan beberapa tips untuk memulai bisnis sendiri. Dalam penjelasannya ia mengatakan bahwa ada tiga hal yang menjadi permasalahan dalam memulai bisnis yaitu tidak punya ilmu bisnis, tidak memiliki modal, dan tidak percaya dengan diri sendiri. Dari ketiga hal tersebut yang paling penting adalah kepercayaan diri. Seringkali, jika ingin memulai bisnis individu sering ragu dengan kemampuannya sendiri, bahkan jika mendengar kata orang mengenai ide bisnisnya saja ia bisa kehilangan semangat dan mulai ragu untuk berbisnis.

Saya punya tips untuk kalian yang ingin berbisnis, pertama, jangan takut dalam memulai, perbanyak koneksi, percaya dengan diri sendiri, dan bangunlah ekspektasi yang realistis ungkapnya. Dalam penyampaiannya ia juga menjelaskan mengenai bisnis model canvas (BMC) sebagai salah satu bekal dalam membuka bisnis sendiri.

Kegiatan seminar ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh dekan fakultas MIPA bapak Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. kepada dua pembicara seminar dan sesi foto bersama dengan peserta seminar.

Harapannya dengan adanya seminar ini, mahasiswa memiliki wawasan mengenai kewirausahaan dan berani dalam membuka usaha sendiri. Fakultas MIPA juga memberikan dukungan kepada mahasiswa yang ingin berwirausaha dengan memberikan modal usaha dan pendampingan usaha.

Chat