FMIPA UM sangat peduli kepada mahasiswa yang terlambar lulus, terutama para mahasiswa S1 yang masa studinya akan berakhir sedangkan mahasiswa tersebut tidak melakukan registrasi. FMIPA memiliki program yang disebut JEMPUT MAHASISWA. FMIPA UM menugaskan kepada para tenaga kependidikan untuk datang ke rumah mahasiswa yang terlambat lulus, bertemu langsung dengan mahasiswa dan keluarganya.
“Kami datang dan bertemu langsung ke mahasiswa dan keluarganya. Pertama kami menanyakan kenapa tidak melakukan registrasi? Kedua, kami bertanya tentang apa masalah yang dihadapinya? Kadang-kadang mahasiswa tidak terbuka. Justru dengan kami datang ini kami ingin membantu mahasiswa supaya mau kembali ke kampus dan kita sama-sama menyelesaikan masalahnya, kata Pak Sugeng, salah satu tendik yang hadir ke rumah Amanata mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Setelah kami hadir, mahasiswa bersedia melanjutkan kuliahnya, demikian penjelasan Pak Sugeng.
“Masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa yang terlambat lulus antara lain, penyelesaian skripsi yang tidak segera selesai, ada pula yang memiliki kendala kuliah karena sudah bekerja”, demikian yang disampaikan oleh pak Yuli yang berkunjung ke rumah Rika Nur Azizah, mahasiswa S1 Biologi dan bu Umi Mazidah yang berkunjung ke rumah M. Iqbal Ramadhan, mahasiswa Prodi S1 Matematika. Sebagian besar dari mereka memiliki kendala ekonomi, antara lain kesulitan keuangan untuk membayar UKT.
Dekan FMIPA UM, Prof. Hadi Suwono, menjelaskan bahwa FMIPA UM sangat peduli pada prestasi mahasiswa. “Setiap tahun kami memiliki target agar mahasiswa lulus tepat waktu. Keterlambatan lulus merupakan masalah bagi kami yang harus dipecahkan. Di setiap akhir semester kami selalu mengidentifikasi mahasiswa S1 yang sudah memasuki semester 10 dan mahasiswa S2 yang memasuki semester 6. Mahasiswa S1 yang akan memasuki Semester 11 dan 13 akan kami datangi ke rumahnya untuk kami data masalah yang dihadapinya. Kami minta untuk datang ke kampus untuk menyelesaikan masalah bersama. Semua mahasiswa kami perhatikan supaya mereka dapat segera lulus. Kami punya motto, mahasiswa yang masuk ke FMIPA harus pulang dengan memabawa gelar.”
Program JEMPUT MAHASISWA ini telah terbukti menyelamatkan mahasiswa khususnya yang terancam drop out (DO).

WhatsApp Image 2022-07-23 at 10.40.05 PM
WhatsApp Image 2022-07-23 at 10.40.05 PM (1)
WhatsApp Image 2022-07-23 at 10.40.04 PM
WhatsApp Image 2022-07-23 at 10.40.04 PM (1)

Previous
Next

Chat