Dekan FMIPA UM, Jumat 15 Juli 2022, melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pendandatanganan Memorandum of Agreement (Perjanjian Kerja Sama) dengan FMIPA Universitas Pakuan, Bogor. Ruang Lingkup Perjanjian Kerjasama ini secara rinci meliputi hal-hal sebagai berikut.
Bidang Pendidikan
(1). Memberikan kuliah umum
(2). Menulis bahan ajar bersama
(3). Pembimbingan tugas akhir bersama
(4). Kajian dan Praktik Lapangan
(5). Program MBKM
(6). Mengajar bersama

Bidang Penelitian
(1). Penelitian bersama
(2). Publikasi bersama
(3). Pengembangan riset bersama
(4). Penulisan monograf dan/atau buku referensi bersama

Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
(1). Kolaborasi dalam pengabdian kepada masyarakat
(2). Publikasi artikel pengabdian masyarakat

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UM menyampaikan bahwa “Meningkatnya relevansi kualitas tri dharma PT menjadi hal yang sangat penting. FMIPA UM dan FMIPA Unpak sebagai institusi pendidikan harus mampu menumbuhkan kompetensi lulusannya”. Oleh sebab itu Dekan FMIPA UM berharap kerjasama dalam pendidikan dan pengajaran diharapkan betul-betul berdampak untuk mencetak generasi yang dibutuhkan dalam proses pembangunan bangsa ini.
Dalam bidang penelitian dan inovasi, kerjasama ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatnya produktivitas dari hasil research. Lebih lanjut Dekan FMIPA UM menyampaikan bahwa hasil riset jangan hanya disimpan di perpustakkan tetapi harus dipublikasikan. Hal ini mengacu pada visi FMIPA UM yang berkeinginan tidak saja sebagai basic education agent (agen pendidikan) tetapi juga sebagai agent of research. Oleh karena itu kita berharap riset-riset dari kerjasama ini semakin banyak dan semakin berkualitas.
Penelitian selanjutnya dikembangkan menjadi inovasi. Inovasi tersebut harus dihilirisasi ke industri terkait. Kerjasama ini dapat membangun kolaborasi penelitian, publikasi bersama dan menciptakan inovasi bersama. Tidak berhenti sampai di sini, kerjasama ini mensinergikan kedua fakultas untuk menjadi agent of culture, knowledge, dan technology transfer.

WhatsApp Image 2022-07-23 at 9.37.55 AM
WhatsApp Image 2022-07-23 at 9.37.33 AM
WhatsApp Image 2022-07-23 at 9.37.10 AM
WhatsApp Image 2022-07-23 at 9.38.45 AM

Previous
Next

Chat