Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya 2017
Jurusan Kimia FMIPA UM
5 November 2017

 

Strategi Analogi dalam Pembelajaran Praktikum Sel Volta

Findiyani Ernawati Asih, Suhadi Ibnu, Suharti

Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5, Malang 65145
e-mail: asih.ernafind@gmail.com

Abstrak: Strategi analogi di dalam pembelajaran praktikum dapat dimanfaatkan untuk memperjelas fenomena makroskopis. Setengah sel
oksidasi dan setengah sel reduksi pada rangkaian sel volta menghasilkan voltase, hanya dipahami sebagai perubahan energi kimia menjadi energi
listrik. Strategi analogi dapat mengekplisitkan fenomena mikroskopis dan simbolik melalui penyajian konsep analog yang familiar dan
memiliki kemiripan dengan konsep target. Konsep analog berupa aliran air terjun atau aliran dana antara bank dan nasabah peminjam dapat
dipergunakan untuk menjelaskan konsep target aliran elektron. Penyajian deskripsi persamaan dan perbedaan antara kedua konsep
(target dan analog) diperlukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pemahaman konsep. Strategi analogi diharapkan mempermudah peserta didik untuk mengkonstruksi dan mencapai pemahaman konsep.
Kata kunci: analogi, sel volta, pemahaman konsep

Abstract: The purpose of using analogy in laboratory practice was to explain macroscopic phenomenon. Reduction and oxidation half-cells in
voltaic cell produce voltage which was just understood by students as a change from chemical energy to electrical energy. Analogy strategy
could make microscopic and symbolic phenomenon easier for students to understand by presenting analog concepts which was more familiar
for students and which had similarity with target concepts. The chosen analog concepts were waterfall flow or finance flow of a bank which can
be used to explain electron flow as target concept. Explanation of similarity and difference of target and analog concept which were needed to minimize misconception. Analogy strategy could be expected help students construct the concept and reach conceptual understanding.
Keywords: analogy, voltaic cell, conceptual understanding

2017 snkp_Strategi Analogi dalam Pembelajaran Praktikum Sel Volta

Chat