lptkmipa2017 edit

Asosiasi MIPA LPTK Indonesia dengan nama sebut AMLI adalah suatu organisasi yang awalnya merupakan sebuah Forum Pertemuan Para Dekan FMIPA atau FPMIPA dari 12 LPTK negeri ex IKIP. Forum yang dimulai sekitar awal tahun 2000-an telah berubah nama dan dilegal formalkan dengan nama baru yang dipendekkan menjadi AMLI pada periode 2015-2019 diketuai oleh Dekan FMIPA UM, dan secara ex officio sekretaris dan bendahara AMLI adalah Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II FMIPA UM. AMLI memiliki 4 satgas yang mendukung pencapaian fungsi Tridarma di masing-masing lembaga, yakni: 1) Satgas Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran; 2) Satgas Pengembangan Penelitian dan Publikasi; 3) Satgas Pengembangan Pengabdian dan Kerjasama; dan 4) Satgas Pengembangan Kelembagaan dan Akreditasi Internasional. AMLI mengadakan rapat-rapat satgas secara periodik 2-3 kali sesuai dengan isu-isu yang berkembang, dan juga rapat pleno tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan seminar interasional secara bergantian di masing-masing LPTK. Tahun 2015 rapat pleno dan seminar internasional (International Conference on Mathematics, Natural Sciences, and Education; ICoMANSED) diseleggarakan di UNIMA Manado, tahun 2016 rapat pleno bersama seminar internasioal (The Third Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education; 3rd AISTSSE 2016) dislenggarakan di Medan, dan tahun 2017 Rapat Pleno bersama seminar internasional The International Conference On Mathematics and Natural Sciences 2017; IConMNS).

Rapat satgas tahun 2017 yang diselengarakan selama 3 hari tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 12 LPTK anggota AMLI, 24 orang. Rapat berhasil membahas isu-isu penting antara lain: 1)gagasan penghapusan PPL dalam kuriklum S1 kependidikan, dan AMLI memandang tetap perlu adanya pemberian pengalaman ke sekolah bagi mahasiswa S1 Kependidkan dalam bentuk-bentuk magang maupun PPL dengan nama lain, seperti KPL, KPM, PLK, dan sejenisnya. Hal ini karena pada praktiknya para lulusan S1 kependidikan saat melamar jadi guru di daerah masih di tes kemampuan mengajar; 2) telah membahas draf panduan pertukaran mahasiswa antar anggota AMLI; 3) telah membahas draf panduan penelitian bersama terkait tema pengembangan pendidikan profesi guru (PPG); 4) membahas rencana penerbitan jurnal ilmiah bersama dengan membuat semacam HUB di UNNES Semarang; 5) mempertukarkan pengalaman mengembangan pedoman KPT tingkat prodi dan pengusulan SAR-AUN QA.

Penulis :Ibrohim

Chat