Penandatanganan MoA FMIPA dengan PT Paiton Energy

FMIPA UM, Senin, 30 Agustus 2021 telah dilaksanakan penandatangan MoA antara FMIPA UM dengan PT Paiton Energy tentang Bidang Pengembangan Penelitian Keanekaragaman Hayati dan Pendidikan dalam rangka Implementasi Merdeka Bersama Institusi Dunia Industri. Penandatangan yang dilakukan secara virtual melalui zoom ini diikuti Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan FMIPA UM dan para Dekanat, serta perwakilan dari PT. Paiton Energy.
Kerjasama tersebut meliputi ruang lingkup (1) Program Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar, (2) Program Pengembangan Penelitian Keanekaragaman Hayati di kawasan binaan PT. Paiton Energy, Program Monitoring Hutan, Flora, dan Fauna dalam rangka pelestarian dan perlindungan di kawasan binaan PT. Piton Energy, (3) Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang bagi mahasiswa, (4) Program Pemberdayaan Masyarakat, (5) kegiatan Kerjasama lain yang akan disepakati bersama oleh para pihak.
Untuk kegiatan PKL atau magang bagi mahasiswa yang akan dilaksanakan di PT. Paiton Energy, akan berlangsung selama 6 bulan atau 1 semester. Adapun kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam program MBKM yang dapat dilaksanakan adalah Bidang Biodiservity Lingkungan, Water Chemistry, dan Kimia Lingkungan. Adapun utility yang disediakan oleh PT Paiton Energy adlah alat-alat laboratorium berupa real time, dan cukup lengkap di laboratorium kimia lingkungan.
Untuk kegiatan magang mahasiswa di PT Paiton, mahasiswa akan didampingi oleh Mentor dari PT Paiton. Namun ,dikarenakan keterbatasan mentor, maka untuk pengajuan PKL yang bersifat lama, diajukan minimal 6 bulan sebeum tanggal pelaksanaan magang. Hal ini untuk mengantisipasi ketersediaan mentor yang bertugas mendampingi mahasiswa magang. Selain itu, mahasiswa harus menyelesaiakan penelitian pada saat program magang.|
Selama masa pandemi, maka kegiatan magang/PKL beberapa dilakukan secara virtual, dan dengan prokes yang sangat ketat. Namun selama pandemic, untuk keterlaksanaan kegiatan magang, PKL, studi lapangan dan pengajuan magang tersebut lebih dibatasi.
Dan diakhir acara dilakukan penandatanganan MoA secara virtual dan hasil penandatanganan ditunjukkan melalui media zoom, serta dilakukan pula sesi tanya jawab dengan pihat PT Paiton Energy. Acara yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut berjalan dengan lancar dan khidmad.

Chat