Thursday , June 21 2018
Home / Berita Fakultas / Berita Fakultas / Persiapan Akreditasi SAR AUN-QA FMIPA UM

Persiapan Akreditasi SAR AUN-QA FMIPA UM

Pada hari Rabu dan Kamis tanggal 2-3 Mei 2018 di FMIPA UM telah menghadirkan Prof. Dr.Satria Bijaksana dalam rangka mempersipakan akreditasi SAR AUN-QA maka tim penyusunan Borang SAR AUN-QA Prodi Fisika dan Prodi Biologi telah menyelesaikan penyusunan Self Asessment Report For AUN-QA, dan telah dikirimkan ke Prof. Dr. Satria Bijaksana (ITB) untuk disimulasikan. Simulasi assessment Asean University Network Quality Assurance (AUN QA) menghadirkan Prof. Dr. Satria Bijaksana dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan didampingi Maria Hidayati, S.S., M.Pd selaku Tim AUN-QA UM. Simulasi eksternal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dari seluruh tim penyusun Self Asessment Report For AUN-QA di FMIPA, terutama mengenai struktur kurikulum, Program Learning Outcome, dan Full Time Employment (FTE).

Hasil simulasi menunjukkan nilai Full Time Employment (FTE) yang masih belum tepat cara perhitungan. Data-data tentang suportting staff berupa training and development staff serta daftar pelatihan yang telah diikuti (PLP dan Tenaga kependidikan) 5 tahun terkahir yang perlu disiapkan oleh bagian kepegawaian FMIPA UM. Sejarah singkat UM antara Self Assessment Report (SAR) Prodi Fisika dan Biologi berbeda, diharapkan pada perbaikannya more or less the same. ELO (capaian pembelajaran) perlu dihubungkan dengan visi dan misi UM.

Dalam simulasi ini Prof. Dr. Satria Bijaksana (ITB) menegaskan bahwa kejujuran adalah yang utama. Assessment SAR AUN-QA pada dasarnya bukan mencari kesalahan. Tetapi memproofing self assesment yang telah dilaporkan sebelumnya, dimana pada laporan Self Assessment Report (SAR) tersebut mencakup kelebihan dan kekurangan masing masing prodi. Jadi Assessment SAR AUN-QA bukanlah seperti pada saat visitiasi akreditasi oleh BAN-PT yang memiliki standar dokumen rujukan, tetapi mencari kondisi yang kondusif yang kita harapkan. Assessment SAR AUN-QA pada dasarnya untuk meng-improve kekurangan kekurangan kita menjadi lebih baik. Dalam penyusunan dokumen Self Assessment Report (SAR) harus konsisten dengan mutu yang merupakan Visi FMIPA.

Selain memvisitasi dokumen SAR AUN-QA, Assessment SAR AUN-QA juga akan melekasanakan visitasi lapangan, pada saat visitasi lapangan diharapkan dapat tampil sebaik mungkin, namun perlu diingat untuk bersikap wajar dan apa adanya, Honesty is priority. Jika memang terdapat kekurangan, akan kita cari solusinya bersama sama.

About Admin02

Check Also

Berita Pameran PMW(Program Mahasiswa Wirausaha) Fmipa Um 2018

Pameran PMW (Program Mahasiswa Wirausaha)digelar pertamakalinya di Universitas Negeri Malang dan lebih dikenal dengan nama …