Sunday , December 16 2018
Home / Berita Fakultas / Berita Fakultas / WORKSHOP LESSON STUNDY UNTUK MENGEMBANGKAN INOVASI PEMBELAJARAN

WORKSHOP LESSON STUNDY UNTUK MENGEMBANGKAN INOVASI PEMBELAJARAN

WORKSHOP

Lesson Study untuk mendukung inovasi pembelajaran dan peningkatan kompetensi pendidik

Kerjasama FMIPA Universitas Negeri Malang, Benesse Corporation Japan, dan Dinas Pendidikan Kota Malang

 

DSC 0058

Pada tanggal 21 s.d 22 Juni 2016 FMIPA Universitas Negeri Malang menyelenggarakan workshop Lesson Studyuntuk mendukung inovasi pembelajaran dan peningkatan kompetensi pendidik. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di UM dilakukan dengan berbagai cara mulai dari perbaikan kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, kerjasama dalam pendidikan dengan perguruan tinggi lain dan institusi terkait bidang pendidikan, termasuk di luar negeri. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di UM dilakukan dengan berbagai cara mulai dari perbaikan kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, kerjasama dalam pendidikan dengan perguruan tinggi lain dan institusi terkait bidang pendidikan, termasuk di luar negeri. Upaya peningkatan mutu tersebut dituangkan dalam Kontrak Kinerja antara Jajaran Pimpinan FMIPA dengan Rektor Univesitas Negeri Malang. Salah satu indikator yang harus dicapai dalam kontrka kinerja Tahun 2016 adalah dihasilkannya sejumlah inovasi pembelajaran pada setiap jurusan/prodi. Pengembangan inovasi pembelajaran tersebut berbasis pada kinerja Kelompok Bidang Keahlian, dan salah satunya diharapkan dikembangkan melalui kegiatan lesson study. Sebagaimana dikeahui bahwa Lesson Study telah menjadi salah satu program unggulan di lingkungan UM, dan juga telah menempatkan UM menjadi salah satu perguruan perintis atau pengembang di Indonesia. Terkait dengan hal tersebut dilakukan workshop Lesson Study untuk Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Berbasis KBK.

 

Tujuan workshop antara lain:

 

1) Menguatkan pemahaman dosen dan guru tentang konsep, prinsip, dan lesson study, khususnya dengan pola baru yang dikenal dengan Lesson Study Club (LSc);

2) Memanfaatkan Lesson Study sebagai sarana mengembangkan inovasi pembelajaran berbasi KBK di lingkungan FMIPA UM;

3) Meningkatkan peran FMIPA UM dalam membantu peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran di sekolah-sekolah sekitar UM.

Pada hari pertama, Kegitan dibuka oleh Dekan FMIPA (Dr. Markus Diantoro, M.Si) selanjutnya Penjelasan teknis tentang maksud dan tujuan dari workshop Lesson Study untuk mengebangkan Lesson Study di jelaskan oleh Koordinator Workshop (WD-1 FMIPA UM). Paparan tentang Lesson Study club dan perbandingannya dengan lesson study pola lama oleh Narasumber utama Mr. Rio Suzuki, dibantu asisten Adhitya Syarif.

DSC 0079

Pada hari kedua dilaksanakan pelatihan menyusun chapter design dan lesson design bersama anggota BLSc Kota Malang. Masing-masing KBK melanjutkan untuk berlatih menyusun lesson design sesuai dengan tema inovasi pembelajaran yang dipilih.

 

 

 

Check Also

Dies Natalis ke-64 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang

Dies Natalis ke-64 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang yang bertemakan bekerja …