Program Studi Magister Biologi (PSMB) UM berdiri pada tahun 2016. Keunggulan PSMB adalah kajian bahan alam yang berpotensi dalam kesehatan, lingkungan, pangan, dan energi menggunakan pendekatan nanoteknologi serta konservasinya. Terdapat tiga bidang peminatan yaitu fisiologi dan perkembangan hewan, fisiologi dan perkembangan tumbuhan, dan biodiversitas dan konservasi. Kekhasan Kurikulum PSMB UM terletak pada pengembangan kompetensi individu dan kelompok yang terukur dalam merespons perkembangan sains dan teknologi. Profil lulusan PSMB UM adalah menjadi magister biologi yang mampu mengembangkan penelitian, pendidikan, dan kewirausahaan dengan fokus pada aspek biologi tropis dan kearifan lokal dalam bidang biodiversitas dan konservasi, biologi perkembangan dan fungsi hewan serta tumbuhan secara interdisipliner dan multidisipliner serta menghasilkan karya inovatif bertaraf nasional/internasional sesuai dengan keahliannya.

Akreditasi pertama PSMB UM diperoleh pada tahun 2019 dengan peringkat B. Dengan dukungan Tata Pamong; Tata Kelola, dan Kerjasama; SDM; Keuangan, Sarana, dan Prasarana, PSMB terus meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Pada tanggal 24 dan 25 Juni 2024, kualitas dan kinerja tersebut dinilai melalui Asesmen Lapangan (AL) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) dengan asesor Prof. Diah Rachmawati dan Sony Heru Sumarsono, Ph.D. Penilaian mencakup 9 kriteria, yaitu 1) visi, misi, tujuan, dan strategi; 2) tata pamong, tata kelola, dan kerjasama; 3) mahasiswa; 4) sumber daya manusia; 5) keuangan, sarana, dan prasarana; 6) pendidikan; 7) penelitian; 8) pengabdian kepada masyarakat; 9) luaran dan capaian tridharma; serta analisis capaian kinerja, analisis SWOT, dan strategi pengembangan dan program berkelanjutan. Melalui AL ini, PSMB UM dievaluasi dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas ke depan dan berkelanjutan.

Kerja keras dan kerja cerdas PSMB UM serta dukungan Fakultas dan Universitas selama 5 tahun ini, berhasil membawanya pada peringkat akreditasi Unggul di Tahun 2024. Dengan peringkat unggul, PSMB UM dapat masuk dalam daftar beasiswa nasional seperti LPDP sehingga berpeluang untuk menambah input mahasiswa dan peningkatan kualitas mahasiswa. Dalam waktu dekat, PSMB UM akan membuka program fast track dan jalur riset, selain jalur reguler yang telah berjalan. Melalui program-program baru ini dan peringkat akreditasi Unggul, diharapkan PSMB UM dapat terus meningkatkan kualitasnya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif untuk kemajuan Indonesia sesuai dengan visi PSMB UM yaitu unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang penelitian biologi dan aplikasinya di Asia Tenggara Tahun 2030. (Editor : HF)

 

Chat