Bogor – Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) merupakan salah satu ajang bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Pada tahun ini diselenggarakan LIDM ke 5, yang telah dimulai sejak bulan Februari 2024. Babak Final dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor pada Tanggal 9-13 Juni 2023.

LIDM Ke-5 pada Tahun 2024 mengusung tema “Literasi digital untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia pendidik sebagai talenta nasional menuju Indonesia Maju dengan tatanan kehidupan baru”. Kegiatan ini secara umum ditujukan untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa dan secara khusus dilakukan untuk mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. Kegiatan ini memperlombakan 5 divisi karya-karya inovasi pendidikan dan pembelajaran: Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDV); Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan (IPDP); Divisi Video Digital Pendidikan (VDP); Divisi Poster Digital Pendidikan (PDV), dan Divisi Microteaching Digital (MD).

Tim Biovers dan Tim BoneTuli sebagai perwakilan FMIPA pada ajang tersebut berhasil lolos 10 besar tingkat nasional.

Pada tahun ini, tim BIOVERS yang diketuai oleh Fahda Bilqis Azzahra (S1 Pendidikan Biologi angkatan 2021) dan beranggotakan Novericha Khoirunisa Nada Firdaus (S1 Pendidikan Biologi angkatan 2021), Shobahus Salamah (S1 Pendidikan Biologi angkatan 2021) dan Wahyu Pratama (S1 Teknik Informatika angkatan 2021)dengan Pembina Ibu Umi Fitriyati, S.Pd., M.Pd telah berhasil meraih Silver Medal (Juara 2) pada kategori Divisi Inovasi Pembelajaran Digital Mahasiswa (IPDP).

Produk yang dikembangkan adalah BIOVERS yaitu aplikasi yang menyediakan 4 fitur bergengsi diantaranya flipbook, E-Biodictionary, video 360°, dan Artificial intelligence. Aplikasi yang dikembangkan didesain eksklusif dengan adanya fitur AI dan video 360°. Siswa kelas X SMA dapat belajar menggunakan aplikasi, memahami konsep-konsep dasar biodiversitas, dan meningkatkan literasi digital mereka. Aplikasi ini memiliki keunggulan sebagai Media pembelajaran biologi yang dapat meningkatkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi.

Sebagai penutup, dari Biovers memiliki tagline “ earn and connect with innovative way”.

 Tim Bonetuli diketuai oleh Dimas Abdiilah (S1 Pendidikan Biologi), Khalwa Alfiana Saida (S1 Pendidikan Biologi), Halimatus Sa’diyah (S1 Pendidikan Biologi), Lia Anatasya (S1 Pendidikan Luar Biasa) dan berada di bawah bimbingan Ibu Ajeng Daniarsih S.Si., M.Si. BoneTuli merupakan wujud digitalisasi media pembelajaran IPA materi sistem skeletal berupa Rangka Torso Skeletal yang terintegrasi dengan aplikasi untuk siswa penyandang tunarungu. Aplikasi ini terdiri dari fitur video pembelajaran yang dilengkapi dengan peraga bahasa isyarat (SIBI), Ai checker untuk mendeteksi gerakan Bahasa isyarat selanjutnya terdapat fitur quiz yang terdiri dari beberapa tingkatan level kognitif untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kosakata untuk memudahkan siswa tunarungu dalam memahami kata yang kurang familiar.

Tagline Bonetuli adalah “Inklusivitas Tanpa Batas”

Tim Positive Project yang diketuai oleh Eva Maulidia (S1 Pendidikan IPA) dengan anggota Ivandra Bagus Pranata (S1 Pendidikan IPA), Naila Zulfa (S1 Pendidikan IPA), dan Ikrar Riyas Mutawaqil (S1 Pendidikan IPA) dan pembimbing Ibu Dr. Dian Nugraheni, S.Pd., M.Sc. Tim ini mengangkat tema Microplastic. Plastik adalah masalah sampah nasional dan salah satu masalah lingkungan yang paling penting di abad ke-21 ini, yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan memperburuk pemangan sampah yang tidak pada tempatnya. Akibat akumulasi sampah yang lama, plastik terurai menjadi partikel yang lebih kecil dan tak kasat mata atau biasa disebut dengan mikroplastik. Mikroplastik merupakan bagian kecil dari polimer plastik dan telah menjadi isu lingkungan yang serius dan berkelanjutan. Mikroplastik dapat menyebar secara luas melalui sistem air, tanah, udara, sehingga dapat menyebabkan kerusakan ekosistem dan kesehatan manusia. Namun, pemahaman akan tentang dampak mikroplastik pada lingkungan dan kesehatan manusia serta praktik pembuangan sampah plastik yang tidak bertanggungjawab telah mempengaruhi pola perilaku masyarakat. Tujuan video ini adalah menginformasikan terkait dampak limbah plastik sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat terkait pentingnya mengurangi penggunaan plastik dan menyadarkan terkait akan bahaya membuang sampah plastik sembarangan. Diharapkan dengan video ini masyarakat tergugah untuk dapat lebih berkontribusi secara aktif dalam menjaga lingkungan serta dapat membawa perilaku positif bagi lingkungan sekitar seperti dengan menerapkan zero waste. Link video :
https://youtu.be/C9MqyXX4i-0?si=V5QDF52DuaaxOf0l

Chat