Education for Sustainable Development (ESD) atau Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PLH) dirancang untuk mendorong kesadaran masyarakat secara keseluruhan (sekolah dan para mitra), untuk membangun karakter cinta lingkungan dan menerapkan hidup sehari-hari yang ramah lingkungan. Melalui ESD diharapkan dapat mengubah paradigma dan perilaku seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengimplementasikan empat pilar pembangunan berkelanjutan, meliputi aspek pembangunan ekonomi yang adil dan berkelanjutan, pelestarian lingkungan hidup, mengembangkan ketahanan sosial, serta mempertahankan keanekaragaman budaya.

Ketercapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan tanggungjawab semua pihak termasuk pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, ESD perlu digalakkan implementasinya melalui pendidikan formal mulai dari tingkat prasekolah sampai di perguruan tinggi.

Dalam rangka membangun pendidik sains/IPA yang dapat mengambil tindakan untuk mempromosikan Pendidikan Sains untuk keberlanjutan, dua dosen FMIPA Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si dan Safwatun Nida, Ph.D mengikuti serangkaian workshop ESD di Universitas Bremen, Jerman.

Chat