Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di FMIPA UM terus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan. Pembangunan Zona Integritas (ZI) dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas. Dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di FMIPA UM. Pembangunan Zona Integritas di FMIPA UM sejatinya bertujuan untuk, 1) mengembangkan budaya kerja anti korupsi, 2) membangun FMIPA sebagai fakultas dengan kinerja tinggi, dan 3) membangun FMIPA sebagai fakultas yang memberikan layanan berkualitas tinggi.
Pembangunan FMIPA sebagai Zona Integritas telah dilakukan sejak 2021. Hasil penilian oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menunjukkan bahwa FMIPA UM sudah baik dalam menjalankan ZI sehingga layak mendapatkan penghargaan. Selanjutnya, pada 2022 ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengajukan FMIPA UM sebagai salah satu unit yang diusulkan untuk mendapatkan penghargaan sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Pembangunan ZI menuju WBK ini juga terkait dengan SDGs nomor 16, yaitu Mendukung masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi-institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua level. Terkait SDGs nomor 16 ini, FMIPA UM berkontribusi dalam, 1) secara substantial mengurangi korupsi dan suap dalam segala bentuk, dan 2) membangun FMIPA sebagai institusi yang akuntabel dan transparan.

Chat