Darah merupakan salah satu komponen paling penting yang terdapat di dalam tubuh, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Beberapa kasus lain seperti kecelakaan dan proses melahirkan juga merupakan penyebab seseorang mengalami kekurangan darah akibat pendarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit sementara kebutuhan akan darah terus meningkat.

Seringkali muncul perasaan iba ketika melihat seorang anak pasien misalnya, ditengah suasana mencekam karena ayahnya kecelakaan dan butuh operasi segera, namun ia harus melaju di jalan raya dengan motornya untuk membeli beberapa kantung darah ke PMI terdekat, dan ketika sampai disana ia harus menghadapi antrian panjang karena banyak orang lain yang membutuhkan darah juga. Untuk itu kami selaku pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia “Oksigen” yang bekerjasama dengan PMI Cabang Malang, ingin menunjukkan rasa kepedulian kami melalui kegiatan donor darah bagi seluruh kalangan mahasiswa agar dapat menyelamatkan puluhan juta jiwa manusia.

Dalam kegiatan donor darah tahun ini, kami akan mengusungkan tema “Setetes Darah Wujud Kepedulian Kita Bersama” yang telah dikonsep sedemikian rupa yang diharapkan mampu menggugah hati seluruh komponen masyarakat, sehingga mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu membantu saudara kita akan kebutuhan stok darah yang mereka perlukan.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 April 2013 dimulai pukul 09.00 – 13.00. Ketika pendonor telah datang, maka hal pertama yang dilakukan adalah pendonor mengisi surat keterangan sehat, dan menunggu di ruang antrian I. Setelah penimbangan berat badan sesuai persyaratan mendonor, maka pendonor diuji kesehatannya dalam hal tekanan darah, golongan darah dan hemoglobin. Apabila dari uji kesehatannya pendonor lolos dalam kriteria pendonor, maka pendonor wajib mengisi presensi dan menunggu di ruang antrian 2 untuk melakukan proses donor darah. Setelah transfuse darah telah dilakukan, pendonor mendapatkan bingkisan berupa konsumsi dari pihak PMI seperti roti, air mineral, susu, dan obat serta stiker dari HMK.

Semakin siang banyak mahasiswa dari berbagai jurusan seperti Jurusan Kimia, Biologi, Fisika, dan Matematika ikut mensukseskan acara tersebut. Bahkan dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Sastra hingga satpam FMIPA ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Namun sangat disayangkan ketika pukul 13.00 banyak mahasiswa dari berbagai jurusan yang ingin menjadi pendonor, tidak dapat diterima. Dikarenakan pihak PMI akan melakukan kegiatan di lain tempat sehingga pendaftaran dan acara ditutup. Meskipun pukul 13.00 acara sudah ditutup, tapi tidak mengurangi suksesnya acara ini, karena berhasil mengumpulkan 54 kantung darah.

Chat