You are here: Profil FMIPA >> Fasilitas >> Gedung Perkuliahan

FMIPA UM

Gedung Perkuliahan

E-mail Print PDF

Gedung O-1 (FMIPA), dikenal sebagai gedung administrasi umum; terdiri dari dua lantai dengan luasan total 1.600 m2. Lantai satu dimanfaatkan untuk layanan administrasi akademik, administrasi umum dan perlengkapan, administrasi keuangan dan kepe-gawaian serta administrasi kemahasiswaan dan alumni. Juga terdapat kantor LC (Local Coordinator Limbah) kerjasama dengan pihak Jepang (JICA). Lantai dua digunakan untuk kantor pejabat fakultas (Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, dan Wakil Dekan III), ruang rapat, serta aula yang memiliki daya tampung 300 kursi.



Gedung O-2 (KIM) merupakan gedung Jurusan Kimia; terdiri dari tiga lantai dengan luasan total  2.400 m2. Lantai satu dimanfaatkan untuk layanan administrasi Jurusan Kimia (kantor Ketua dan Sekretaris Jurusan, kantor Kepala Laboratorium,  dan labor-an). Juga terdapat ruang kerja dosen, ruang rapat dengan kapasitas 150 kursi dan laboratorium penelitian mahasiswa tahun terakhir. Lantai dua dan tiga dimanfatkan untuk laboratorium dan ruang peralatan khusus. Laboratorium yang terdapat di gedung O-2 adalah laboratorium kimia dasar, laboratorium kimia anorganik, laboratorium kimia organik, laboratorium kimia fisik, laboratorium kimia analitik dan instrumentasi, dan  laboratorium biokimia. Tiap laboratorium dapat menampung 30-40 orang mahasiswa, dan didukung peralatan lengkap. Ruang peralatan khusus terdiri dari ruang spek-trofotometer UV-Vis, ruang spektrofotometer infra merah (FTIR) ruang spektrofotometer serapan atom (AAS). Juga terdapat ruang penyimpanan peralatan gelas dan bahan kimia.



Gedung O-3 (GKB) dikenal sebagai gedung kuliah bersama; terdiri dari tiga lantai dengan luasan total  2.400 m2. Lantai satu digunakan sebagai kantor Ketua Program Studi, Ketua Laboratorium , Ruang Baca, dan layanan  adminidtrasi Program Studi Pendidikan IPA dan Laboratorium IPA dan Ruang Kuliah . Lantai satu, dua, dan tiga sebanyak 18 ruang dimanfatkan untuk kuliah teori untuk semua jurusan yang ada di lingkungan FMIPA UM. Tiap ruangan kuliah dapat menampung 30–90 Mahasiswa.

FMIPA UM

Gedung O-4 (GLB) dikenal sebagai gedung laboratorium bersama atau Laboratorium Sentral dengan luasan total 1.600 m2. Lantai satu dimanfaatkan untuk praktikum, penelitian dan Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Biologi Umum Lantai dua dimanfatkan untuk laboratorium Kimia dasar dan Workshop dan Produksi Media Pembelajaran.



Gedung O-5 (BIO) dikenal sebagai gedung Jurusan Biologi; terdiri dari tiga lantai de-ngan luasan total 2.400 m2. Lantai satu dimanfaatkan untuk layanan administrasi Ju-rusan Biologi (kantor Ketua dan Sekretaris Jurusan, kantor Kepala Laboratorium  dan laboran), ruang kerja dosen dan ruang komputer. Lantai dua dan tiga dimanfatkan untuk laboratorium dan ruang peralatan khusus. Laboratorium yang terdapat di gedung O-5 adalah Laboratorium Ekologi, Laboratorium Botani, Laboratorium Zoologi, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Genetika, Fisiologi Tumbuhan dan Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Hewan, dan Laboratorium Anatomi Fisiologi Manusia, Anatomi, Kultur  Jaringan Tumbuhan dan Hewan dan lab PBM Biologi  yang didukung peralatan pembelajaran.

Gedung O-6 (FIS) dikenal sebagai gedung Jurusan Fisika; terdiri dari tiga lantai dengan luasan total 2.400 m2. Lantai satu dimanfaatkan untuk layanan administrasi Jurusan Fisika (kantor Ketua dan Sekretaris Jurusan, kantor kepala laboratorium  dan laboran), ruang kerja dosen dan bengkel. Lantai dua dan tiga dimanfatkan untuk laboratorium dan ruang peralatan khusus. Laboratorium yang terdapat di gedung O-6 adalah. Laboratorium Material, Laboratorium Instrumentasi dan Elektronika, Laboratorium Fisi-ka Teori dan Komputasi, serta Laboratorium Pembelajaran Fisika yang didukung dengan peralatan pembelajaran. Juga terdapat ruang referensi, dan ruang multimedia.



Gedung O-7 (MAT) dikenal sebagai gedung Jurusan Matematika; terdiri dari tiga lantai dengan luasan total 2.400 m2. Ketiga lantai dimanfaatkan untuk layanan administrasi Jurusan Matematika (kantor Ketua dan Sekretaris Jurusan, kantor Kepala Laboratori-um  dan laboran), ruang kerja dosen laboratorium dan bengkel. Laboratorium dan bengkel dilengkapi perangkat pembelajaran, termasuk OHP, LCD Projector, VCD Pla-yer, berbagai jenis Software, 60 komputer multimedia yang terhubung dengan sistem LAN, dan internet.



Gedung O-8 (SPA) dikenal sebagai gedung perkuliahan dan kegiatan mahasiswa, terdiri dari tiga lantai dengan luas total 2.400 m2.  Lantai satu dipakai kegiatan kemahasiswaan, dan  kantor Organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Lantai dua dan tiga dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan.

 

  Newer:

Add comment

Gunakan bahasan yang baik dan benar. Komentar yang dirasa merugikan dan tidak berkaitan dengan berita akan di delete.


Security code
Refresh


Profil FMIPA >> Fasilitas >> Gedung Perkuliahan