You are here: Matematika

FMIPA UM

Jurusan Matematika FMIPA UM

E-mail Print PDF

A. VISI DAN MISI JURUSAN

Berdasarkan statuta Universitas Negeri Malang dan buku Pedoman Pendidikan UM Edisi 2006, Jurusan Matematika merupakan unsur pelaksana akademik FMIPA Universitas Negeri Malang, yang tugas utamanya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dan/atau profesional dalam kelompok disiplin kependidikan dan keilmuan bidang Matematika. Kelompok disiplin kependidikan diwadahi dalam program studi Pendidikan Matematika dan kelompok di­siplin keilmuan diwadahi dalam program studi Matematika.

Program studi merupakan kesatuan rencana belajar yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum dengan tujuan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan rumusan visi, misi sebagai berikut.

Visi Jurusan Matematika

Menjadi jurusan yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan pembelajarannya.

Visi Program Studi 1 Pendidikan Matematika

Visi Program Studi Matematika

Sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan matematika.

Sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam tridharma perguruan tinggi bidang matematika dan terapannya.

 

Misi Jurusan Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika, baik kependidikan maupun nonkepen­didikan, yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika, baik kepen­di­dikan maupun nonkependidikan, yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakat; serta
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang otonom, akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berke­lanjutan.

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

Misi Program Studi Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika dan pendidikan matematika yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakat; serta
  4. Memberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Pendidik­an Matematika.
 
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran matematika yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang matematika dan terapannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengeta­huan dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pe­ne­­­­rapan matematika dan terapannya yang berorientasi pa­da pem­ber­da­yaan masyarakaMemberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Matematika.t; serta
  4. Memberdayakan alumni da­lam rangka peningkatan pe­ran dan citra Program Studi Matematika.

 1.Tujuan Jurusan Matematika

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi berbasis kompetensi yang dimiliki;
  2. Meningkatkan relevansi proses pembelajaran kimia selaras de­ngan perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Memberikan sumbangan pada pengembangan ilmu kimia dan pembelajaran kimia berbasis hasil-hasil penelitian berkualitas
  4. Berperan serta dalam mengisi pembangunan nasional, memberi­kan sumbangan pemikiran maupun keterlibatanlangsungpada masyarakat
  5. Memberikan sumbangan pemikiran maupun keterlibatan lang­sung pada masyarakat

  Tujuan Jurusan Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk menghasilkan sarjana Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Matematika dan Pendidikan Matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Jurusan Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Jurusan Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Jurusan Matematika dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Jurusan Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Jurusan Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan Jurusan Matematika dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

Tujuan Prodi Pendidikan Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan menghasilkan sarjana Pendidikan Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Pendidikan Matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Ma­te­ma­tika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Program Studi Pendidikan Matematika.dalam me­ning­katkan kualitas pembelajaran matematika di lingkup pendidikan dasar dan me­ne­ngah dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.Meningkatkan peran alumni sebagai partner Program Studi Pendidikan Mate­ma­tika. FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan kemampuan program studi dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

Tujuan Prodi Matematika

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia untuk menghasilkan sarjana Matematika yang berkualitas serta menghasilkan karya akademik yang berbobot dalam bidang Matematika dan terapannya.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan fasilitas dan sarana-prasarana terutama peralatan laboratorium untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi segenap sivitas akademika Program Studi Matematika FMIPA UM.
  3. Menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas, dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi Matematika FMIPA UM.
  4. Meningkatkan intensitas kegiatan Program Studi Matematika.dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam bentuk layanan informasi ilmiah, penerapan hasil-hasil penelitian, kursus, pelatihan, program pendidikan keahlian, dan program pendidikan berkelanjutan.
  5. Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Program Studi Matematika FMIPA UM.
  6. Meningkatkan peran alumni sebagai partner Program Studi Matematika FMIPA UM dalam upaya meningkatkan kinerja dan citra Program Studi Matematika FMIPA UM.
  7. Meningkatkan kemampuan program studi dalam penyusunan program-program stratejik berdasarkan evaluasi diri.

LABORATORIUM

Laboratorium di Jurusan Matematika memiliki peran untuk mendukung matakuliah  yang dilengkapi praktikum dari Progran Studi Pendidikan Matematika maupun Program Studi Ma­te­matika. Berangkat dari kebutuhan tersebut laboratorium di Jurusan Matematika dipilah men­ja­di enam  sub laboratoirum;

  1. Sub laboratorium Pembelajaran (SUBLAB PBM)
  2. Sub la­bo­ratorium Komputasi (SUBLAB KOMPUTASI)
  3. Sub laboratorium Analisis (SUBLAB ANALISIS)
  4. Sub laboratorium Aljabar (SUBLAB ALJABAR)
  5. Sub laboratorium Statistik & Geometri (SUBLAB STATISTIK & GEOMETRI)
  6. Sub laboratorium Terapan (SUBLAB TERAPAN)

Masing-masing sub laboratorium dipimpin oleh seoran ketua (kasublab). Masing-masing sublab memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Sublab PBM memiliki tugas: (1) mendukung kelancaran pelaksanaan matakuliah-matakuliah PBM, (2) mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga baik peraga fisik maupun alat peraga virtual (yang berupa software komputer) yang mendukung pembelajaran matematika  di sekolah, (3) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran terbaru, (4) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang pendidikan.
  2. Sublab Komputasi memiliki tugas: (1) mendukung kelancaran matakuliah-matakuliah yang menggunakan komputer sebagai alat praktikum, (2) mendukung sublab PBM dalam mengembangkan paraga virtual, (3)  mengembangkan dan memproduksi peraga virtual serta model-model pembelajaran visual, (4) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang komputasi.
  3. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok analisis, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran analisis, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang analisis.
  4. Sublab Aljabar memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok aljabar, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran aljabar, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang aljabar.
  5. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok statistik dan geometri, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran statistik dan geometri, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang statistik dan geometri.
  6. Sublab Analisis memiliki tugas: (1) mendukung  kelancaran matakuliah-matakuliah kelompok terapan, (2) mengembangkan inovasi baru tentang model-model pembelajaran terapan, (3) mengembangkan ide, pemikiran, dan gagasan tentang penelitian-penelitian bidang terapan.

Untuk Kurikulum, SKS, Data Dosen dan Laboran serta info lainnya, silahkan langsung kunjungi web Jurusan Matematika.

  Newer:

Comments   

 
+2 # Anindiati P Putri 2013-05-13 15:06
Selamat sore. saya Nindy dari Universitas Sanata Dharma. untuk laboratorium yang tertera diatas, apakah hanya untuk matematika murni saja atau juga untuk pendidikan matematika..?? kalau boleh saya ingin meminta CP dari matematika. terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+3 # umar zuki 2014-01-27 19:07
mala...saya umar zuki..
apakah disini menerima bidik misi??
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+2 # Aris mustofa 2014-04-24 04:00
assalamualaikum wr.wb
maaf seumpama mau S2 di UM bagaimana pendaftarannya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+2 # putry sekartaji utam 2014-05-11 21:59
Assalamualaikum
Syarat-syarat untuk masuk jurusan pendidikan matematika apa aja ya?? Terimakasih :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # reni albertin 2014-08-09 14:36
assalamualaikum wr wb
kalau boleh tahu apa aja yang dipelajari di prodi s1 mtk murni dan pendidikan ?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# laila 2014-08-30 10:09
klo seumpama masuk jurusan ini nantinya bisa kerja jdi apa??? :-*
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Lailatul fitriyah 2014-09-21 10:53
assalamualaikum .. sya dr man kandangan kediri.. mau tanya.. berapa kuota jurusan pndidikan mtk di UN malang?
dan dan apa saja syarat2 nya?
trimakasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Matematika UIN 2015-02-16 13:12
Salam persaudaraan, semoga kita dapat bekerja sama dalam hal mengembangkan potensi akademik Matematika di Lingkungan Malang Raya Khususnya dan di kancah dunia Global umumnya...
matematika.uin-malang.ac.id
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # admin 2015-02-16 13:51
Terimakasih atas kunjungan dari kampus tetangga.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # admin 2015-02-16 13:54
Semua prasarat, kuota dan pertanyaan lain yang sifatnya detail bisa dilihat di website um, Apabila anda tidak bisa menemukan data tersebut, silahkan langsung ke Kampus UM.

Jurusan Matematika UM.
0341-552182
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # dewi kurniawati 2015-02-21 15:52
Assalamualaikum ...
saya mau tanya ...
kalau daftar snmptn bidikmisi mau pilih jurusan pendidikan matematika di UNM apakah bisa ????
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # dewi kurniawati 2015-02-21 15:55
assalamualaikum ....
saya mau tanya ...
kalau daftar snmptn bidikmisi, terus mau pilih jurusan pendidikan matematika di UNM apakah bisa ??
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Agussalim 2015-03-24 11:23
Dengan, hormat.

Saya alumni fisika ITB yang kemudian melanjutkan hingga lulus di fisika Unair dengan IPK S1 3.12. Saya belum wisuda S2 fisika ITS. Saya mengerjakan tesis S2 fisika berjudul "Komputasi Persamaan Efek Kerr Optik dengan Nitrobenzene". Saya juga menyusun diktat kuliah Fisika Kimia, merencanakan diktat kuliah Fisika Biologi (bukan Biofisika), dan menekuni diktat konsep teknologi yang mungkin dapat menjadi mata kuliah baru di Perguruan Tinggi ini.

Andai saya dapat menjadi dosen/suka relawan sepeti untuk mata kuliah Fisika Kimia, Fisika Biologi, Konsep Teknologi, Fisika Dasar, Matematika Dasar, Kimia Dasar, Biologi Dasar Sejarah Fisika, Filsafat IPA, Metode Penelitian, Metode Fisika Eksperimen, Statistika Elementer, dan sebagainya, maka saya mungkin memperoleh kemajuan belajar mengajar.

Besar harapan saya akan dikabulkannya permohonan ini.

Terima Kasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# rinaldi perdana 2015-04-27 18:33
pak/ bu saya mahasiswa UIN sunan kalijaga Jogja sedang mengerjakan tugas akhir, dan saya tertarik dengan jurnal yang ditulis oleh Rendra Firman Pratama tentang masalah TSP dengan Algoritma Artifiial bee colony, saya sudah kirim email tp tdk dibalas oleh beliau, ada yang bisa membantu saya untuk mengkontak mas Rendra, terimakasih sebelumnya
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# resia nurfiana 2015-11-20 16:54
Assalammualaiku m pak/bu untuk calon mahasiswa baru bagaimana cara supaya bisa masuk ke fakultas mipa? Berapa rata2 nilai yg bisa jadikan target?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# #himmatul k. 2016-01-04 11:37
assalamualalaik um saya mau tanya... apakah jika ingin masuk fakultas mipa itu sulit..terutama matematika..??d an bagus mana matematika murni dan pend.matematika ..????
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # umhab 2017-01-18 08:04
:eek: :cry: :D :lol: :-) ;-) 8) :-| :-* :oops: :sad: :cry: :o :-? :-x :eek: :zzz :P :roll: :sigh:
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Gunakan bahasan yang baik dan benar. Komentar yang dirasa merugikan dan tidak berkaitan dengan berita akan di delete.


Security code
Refresh

Matematika