You are here: Karya Ilmiah Dosen >> ABDUL GOFUR-PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOLOGI 2016-UNESA

FMIPA UM

ABDUL GOFUR-PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOLOGI 2016-UNESA

E-mail Print PDF
User Rating: / 0
PoorBest 

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL),
READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA), PBL DIPADU RQA DAN GENDER
TERHADAP MOTIVASI PRIA DAN WANITA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Putri Octa Hadiyanti, Aloysius Duran Corebima, dan Abdul Ghofur
Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Malang
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


ABSTRAK
Pendidikan adalah salah satu sarana mentransfer ilmu pengetahuan, hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh, tidak hanya kompetensi kognitif, namun memiliki motivasi yang tinggi untuk menjawab permasalahan dan menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan menumbuhkan potensi diri dan membangun motivasi siswa untuk berkontribusi, bersaing dan sukses dalam dunia global. Namun hasil observasi data dilapangan menunjukkan rendahnya tingkat motivasi siswa dalam proses pembelajaran pada pendidikan yang mereka jalani. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran problem based learning (PBL), reading questioning and answering (RQA), dan problem based learning (PBL) dipadu reading questioning and answering (RQA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: 1) pengaruh strategi pembelajaran biologi terhadap motivasi siswa, 2) pengaruh gender terhadap motivasi siswa, dan 3) pengaruh interaksi strategi pembelajaran biologi dan gender terhadap motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA di kota Malang. Sekolah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu SMAN 5 Malang dan SMAN 8 Malang. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan hal-hal berikut. 1) ada pengaruh strategi pembelajaran biologi terhadap motivasi siswa SMA di kota Malang, 2) tidak ada pengaruh gender terhadap motivasi siswa SMA di kota Malang, dan 3) tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran biologi dan gender terhadap motivasi siswa SMA di kota Malang.

Kata Kunci: motivasi, pria, wanita

  Newer:Older:

Karya Ilmiah Dosen >> ABDUL GOFUR-PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOLOGI 2016-UNESA