You are here: Download File >> Prosiding Fisika 2015 >> Wahyu Lailatul Azizah

FMIPA UM

Details for Wahyu Lailatul Azizah

PropertyValue
Name:Wahyu Lailatul Azizah
Description:

Survey Proses Pembelajaran dan Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran serta Tingkat Keterampilan Proses Sains Guna Membangun Generasi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)
WAHYU LAILATUL AZIZAH
Jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya 60231
E-mail: wahyulailatulazizah@gmail.com
TEL: 085745518192

ABSTRAK: Pembelajaran IPA diberikan dengan harapan agar pembelajaran tersebut dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mencoba atau bereksperimen sehingga siswa mampu menemukan (discovery) pengetahuan melalui refleksi pengalamannya. Proses penemuan terbentuk dan berkembang melalui suatu proses ilmiah yang sering disebut dengan keterampilan proses sains. Materi-materi IPA banyak yang bersifat abstrak, sehingga perlu adanya bahan ajar  bagi siswa untuk membantu memahami konsep IPA dan melatih keterampilan proses sains berupa lembar kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan penggunaan LKS serta mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains siswa SMP N 2 Taman, Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 April 2015 di SMP N 2 Taman. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII-H. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif dan selanjutnya dikualitatifkan. Berdasarkan data yang diperoleh menunujukkan bahwa sebanyak 94,3% siswa merasa tertarik dengan pembelajaran IPA dan 69,44% memilih kegiatan praktikum sebagai alasan mereka menyukai pembelajaran IPA. Siswa selalu melakukan praktikum pada pembelajaran IPA dan selalu digunakan LKS. Namun sebanyak 80% siswa menyatakan bahwa mereka belum memahami tujuan dan prosedur dari praktikum. Tingkat keterampilan proses  sains siswa dari 35 siswa yang dapat merumuskan hipotesis 37,1%, membuat rumusan masalah 57,1%, membuat kesimpulan dari grafik data sebesar 60%, dan yang mampu menganalisis data hanya sebanyak 25,7%. Sehingga diperlukan lembar kegiatan siswa sebagai bahanajar untuk mengembangkan keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum.

Kata Kunci:    guided discovery, lembar kegiatan siswa, keterampilan proses sains.

Survey Proses Pembelajaran dan Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran serta Tingkat Keterampilan Proses Sains Guna Membangun Generasi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)

Wahyu Lailatul Azizah

Jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Surabaya. Jl. Ketintang, Surabaya 60231

E-mail: wahyulailatulazizah@gmail.com

TEL: 085745518192

 

ABSTRAK: Pembelajaran IPA diberikan dengan harapan agar pembelajaran tersebut dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa mencoba atau bereksperimen sehingga siswa mampu menemukan (discovery) pengetahuan melalui refleksi pengalamannya. Proses penemuan terbentuk dan berkembang melalui suatu proses ilmiah yang sering disebut dengan keterampilan proses sains. Materi-materi IPA banyak yang bersifat abstrak, sehingga perlu adanya bahan ajar  bagi siswa untuk membantu memahami konsep IPA dan melatih keterampilan proses sains berupa lembar kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan penggunaan LKS serta mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains siswa SMP N 2 Taman, Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 April 2015 di SMP N 2 Taman. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII-H. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif dan selanjutnya dikualitatifkan. Berdasarkan data yang diperoleh menunujukkan bahwa sebanyak 94,3% siswa merasa tertarik dengan pembelajaran IPA dan 69,44% memilih kegiatan praktikum sebagai alasan mereka menyukai pembelajaran IPA. Siswa selalu melakukan praktikum pada pembelajaran IPA dan selalu digunakan LKS. Namun sebanyak 80% siswa menyatakan bahwa mereka belum memahami tujuan dan prosedur dari praktikum. Tingkat keterampilan proses  sains siswa dari 35 siswa yang dapat merumuskan hipotesis 37,1%, membuat rumusan masalah 57,1%, membuat kesimpulan dari grafik data sebesar 60%, dan yang mampu menganalisis data hanya sebanyak 25,7%. Sehingga diperlukan lembar kegiatan siswa sebagai bahanajar untuk mengembangkan keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum.

Kata Kunci:

guided discovery, lembar kegiatan siswa, keterampilan proses sains.

Filename:Fisika2015_02 Model Rudy Wahyu Lailatul.PDF
Filesize:729.02 kB
Filetype:PDF (Mime Type: application/pdf)
Creator:pricho
Created On: 05/27/2016 19:28
Viewers:Everybody
Maintained by:Editor
Hits:196 Hits
Last updated on: 05/27/2016 19:30
Homepage:
Download File >> Prosiding Fisika 2015 >> Wahyu Lailatul Azizah