Pelantikan Pengurus ORMAWA FMIPA 2024

Pelantikan Pengurus ORMAWA FMIPA 2024

Di setiap perguruan tinggi, organisasi kemahasiswaan memiliki peran vital dalam membentuk lingkungan kampus yang dinamis dan beragam. Salah satu momen yang paling dinantikan adalah pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan. Pelantikan ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi juga merupakan tonggak penting yang menandai awal dari periode kepemimpinan baru. Dalam setiap pelantikan, terdapat rangkaian kegiatan yang menggambarkan semangat kebersamaan, dedikasi, dan komitmen untuk mewujudkan visi dan misi organisasi.

Pelantikan pengurus organisasi kemahasiswaan menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan di antara anggota baru dan yang lama. Ini merupakan waktu di mana mahasiswa dari berbagai latar belakang, jurusan, dan tingkatan semester berkumpul untuk merayakan pencapaian dan komitmen baru. Semangat solidaritas dan persatuan terasa kuat, karena setiap individu berbagi visi yang sama untuk memajukan organisasi dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan kampus.

Pelantikan pengurus juga menjadi saat yang penting dalam mengenalkan kepemimpinan baru kepada seluruh komunitas kampus. Para pengurus yang terpilih memiliki tanggung jawab besar untuk memimpin organisasi ke arah yang lebih baik. Dalam proses pelantikan, mereka tidak hanya menerima mandat resmi, tetapi juga diharapkan untuk meneguhkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai organisasi, seperti kepemimpinan yang inklusif, kreativitas, dan pelayanan kepada sesama. Oleh karena itu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang mengadakan Pelantikan Pengurus ORMAWA FMIPA yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Maret 2024 di Gedung B20 Lantai 2 Fakultas MIPA. Pelantikan ini dihadiri oleh Badan Pengurus Harian (BPH) ORMAWA yaitu Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum dari masing-masing ORMAWA. Beberapa ORMAWA yang hadir dalam Kegiatan Pelantikan ini yaitu DMF MIPA, BEM MIPA, HMD Matematika, HMD Fisika, HMD Kimia, HMD Biologi, HMPS PIPA, HMPS Bioteknologi, HMPS Gizi. Para pengurus ORMAWA FMIPA ini dilantik langsung oleh Dekan FMIPA UM yaitu Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. dan disaksikan oleh para Dosen Pendamping ORMAWA dan tenaga kependidikan FMIPA. Dalam amanat pelantikan, Dekan menyampaikan kualitas fakultas tidak hanya didukung oleh sektor akademik saja, namun juga didukung oleh kinerja ORMAWA nya. Diharapkan pada periode ini, seluruh ORMAWA di FMIPA dapat berkolaborasi dalam pelaksanaannya untuk menunjang Indikator Kinerja Universitas yang ada.

Setelah pelantikan, pengurus organisasi kemahasiswaan siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan peluang di masa mendatang. Mereka akan merancang dan melaksanakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi anggota, mengembangkan keterampilan kepemimpinan, serta mendorong inovasi dan perubahan positif dalam lingkungan kampus. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, diharapkan bahwa pengurus baru akan mampu menjadikan organisasi mereka sebagai agen perubahan yang aktif dan berpengaruh di dalam dan di luar kampus.

Rombongan MAN 1 Jombang padati Aula FMIPA UM

Rombongan MAN 1 Jombang padati Aula FMIPA UM

FMIPA UM – Ratusan Siswa – siswi dari MAN 1 Jombang padati Aula FMIPA UM dengan menggunakan seragam putih abu-abu dan menggunakan jas almamater MAN 1 Jombang, pada Rabu pagi 06/03/2024. Kedatangan dari Siswa – siswi dari MAN 1 Jombang ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai FMIPA UM. Erviningsih Setyorini, S.Pd., M.Pd perwakilan dari MAN 1 Jombang mengawali acara tersebut dengan sambutan dan menyampaikan terkait maksud dan tujuan kedatangannya ke FMIPA UM, yaitu untuk mencari informasi mengenai FMIPA UM dan untuk mendapatkan motivasi agar para siswa MAN 1 Jombang dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya di FMIPA UM.

Selanjutnya, Wakil Dekan III Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd., M.Si memberikan sambutan berupa ucapan selamat datang, serta memberikan informasi terkait FMIPA UM dan dalam penyampaian tersebut terselip motivasi agar siswa-siswi MAN 1 Jombang memiliki semangat untuk meneruskan pendidikannya di jenjang selanjutnya. Selain itu beliau juga menyampaikan segala informasi terkait FMIPA UM Setelah penyampaian beliau, penyerahan cinderamata dari MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang untuk FMIPA UM dan sesi foto bersama. dalam sesi akhir, para siswa MAN 1 Jombang mendengarkan informasi terkait UM dan FMIPA UM yang disampaikan langsung oleh Laili Qirom selaku staff kerjasama FMIPA UM. (HF)

Menjadi Tonggak Kemajuan Pendidikan: Lab. Mineral dan Material Maju FMIPA UM gelar Pelatihan Metodologi Penelitian Sains untuk Guru SMP dan SMA

Menjadi Tonggak Kemajuan Pendidikan: Lab. Mineral dan Material Maju FMIPA UM gelar Pelatihan Metodologi Penelitian Sains untuk Guru SMP dan SMA

Berita selengkapnya kunjungi https://central-laboratory.um.ac.id/menjadi-tonggak-kemajuan-pendidikan-lab-mineral-dan-material-maju-fmipa-um-gelar-pelatihan-metodologi-penelitian-sains-untuk-guru-smp-dan-sma.html
Pelantikan ORMAWA FMIPA UM Periode Tahun 2024

Pelantikan ORMAWA FMIPA UM Periode Tahun 2024

Pada hari ini tanggal 1 Maret 2024 bagian kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UM  mennyelenggarakan Pelantikan Ormawa Periode Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula FMIPA UM Gedung B20 lt 2.

(Pembacaan Janji Tugas ORMAWA)

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB, dibuka secara formal oleh Dekan FMIPA UM yaitu Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, kegiatan ini juga dihadiri oleh Para Wakil Dekan I, Koordinator Tata Usaha FMIPA UM, Sub Koord Kemahasiswaan FMIPA UM, dan Pembina Ormawa . Dalam sambutannya Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si menyampaikan harapannya agar perwakilan mahasiswa dapat aktif berorganisasi, baik organisasi di dalam kampus, di dalam negeri, maupun diluar negeri, serta tetap fokus dalam menjalankan perkuliahan, agar dapat tetaplulus tepat waktu. Selain itu, beliau menyampaikan agar nantinya ormawa dapat mencapai visi dan misi dari FMIPA UM, karena visi misi ini merupakan visi misi bersama.

(sambutan Dekan FMIPA UM)

Selanjutnya Dekan FMIPA pun berharap agar mahasiswa dapat menyerap dana Hibah yang telah disediakan, baik oleh Fakultas, Universitas, maupun Ristekdikti. Agar mahasiswa FMIPA dapat berprestasi dan berkiprah tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Di akhir kegiatan dilaksanakan pemberian selamat dan foto bersama. (HF)

(sesi pemberian selamat dan foto bersama)

Ratusan Santriwan dan Santriwati dari Jombang Penuhi Aula FMIPA UM

Ratusan Santriwan dan Santriwati dari Jombang Penuhi Aula FMIPA UM

FMIPA UM – Ratusan Santriwan dan santriwati MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang penuhi Aula FMIPA UM dengan menggunakan seragam putih abu-abu dan menggunakan jas almamater MA, pada hari Kamis, 29/02/2024. Kedatangan dari Santriwan dan santriwati MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai FMIPA UM. Sebelum acara inti dilaksanakan, terlebih dahulu Santriwan dan santriwati MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang mendapatkan wawasan dan motivasi dari Naufal Taufiqur Rochman yang merupakan civitas akademika FMIPA UM  K.H Faizun, S.Ag., M.Pd selaku Kepala Sekolah MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang mengawali acara tersebut dengan sambutan dan menyampaikan terkait maksud dan tujuan kedatangannya ke FMIPA UM, yaitu untuk mencari informasi mengenai FMIPA UM dan untuk mendapatkan motivasi agar Santriwan dan santriwati MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya di FMIPA UM.

Selanjutnya, Wakil Dekan I Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si memberikan sambutan berupa ucapan selamat datang, serta memberikan informasi terkait FMIPA UM dan dalam penyampaian tersebut terselip motivasi agar siswa-siswi MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang memiliki semangat untuk meneruskan pendidikannya di jenjang selanjutnya. Selain itu beliau juga menyampaikan segala informasi terkait FMIPA UM Setelah penyampaian beliau, dilakukan ceremonial Penandatanganan Kerjasama antara FMIPA UM dan MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang serta penyerahan cinderamata dari MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang untuk FMIPA UM dan sesi foto bersama. dalam sesi akhir, Santriwan dan santriwati MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang mendengarkan informasi terkait UM dan FMIPA UM yang disampaikan langsung oleh Laili Qirom selaku staff kerjasama FMIPA UM. (HF)

 

Siswa SMA N 1 Citeureup Kunjungi Aula FMIPA UM

Siswa SMA N 1 Citeureup Kunjungi Aula FMIPA UM

FMIPA UM – Ratusan pelajar dari menyerbu dandan berkunjung ke aula FMIPA Universitas Negeri Malang pada Rabu pagi 28 Februari 2024. Kunjungnan tersebut merupakan siswa-siswi dari SMA N 1 Citeureup Kabupaten Bogor. Para siswa beserta Guru pendamping tersebut langsung diarahkan menuju Aula FMIPA UM Gedung B20 Lt 2. Maksud dari kunjungan  tersebut untuk mendapatkan wawasan dan informasi terkait FMIPA UM. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMA N 1 Citeureup Kabupaten Bogor, Muhammad, S Pd, yang menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke FMIPA UM, dan dilanjutkan dengan sambutan dan ucapan selamat datang dari FMIPA UM ysng disampaikan oleh Prof. Dr. Sentot Kusairi, M.Si selaku Wakil Dekan III FMIPA UM. Setelah penyampaian sambutan tersebut, dilanjutkan dengan agenda Pemberian cinderamata dan foto bersama.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi terkait Universitas Negeri Malang dan FMIPA UM yang disampaikan oleh Staff bagian Kerjasama FMIPA UM, Laili Qirom, kepada siswa-siswi SMA N 1 Citeureup Kabupaten Bogor. Selain penyampaian informasi, diselipkan juga games agar para siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam menerima informasi yang disampaikan. (HF)

Ratusan Pelajar Serbu Aula FMIPA UM

Ratusan Pelajar Serbu Aula FMIPA UM

FMIPA UM – Serbuan tersebut berasal dari Siswa-siswi MAN 10 Jombang pada hari Selasa 27 Februari 2024, dan langsung dipandu untuk menuju Aula FMIPA UM. Setelah sampai di Aula FMIPA, para calon profesional muda dari MAN 10 Jombang disuguhkan tayangan video profil dari FMIPA UM, Profil Universitas Negeri Malang, dan video-video lainnya. Kegiatan kunjungan ini dipandu oleh Laili Qirom, selaku staff dari bagian Kerjasama FMIPA UM. Waka Kurikulum MAN 10 Jombang, Nanang Setiawan, S.Pd. membuka kegiatan dengan memberi sambutan dan menyampaikan maksud dan tujuan mengunjungi FMIPA UM, dan dilanjutkan oleh Koordinator Tata Usaha FMIPA Elfin Muljawati, S.Sos, dengan memberikan sambutan ucapan selamat datang dan pemberian sedikit informasi mengenai FMIPA Universitas Negeri Malang.

Setelah penyampaian sambutan tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari MAN 10 Jobang untuk FMIPA UM serta foto bersama dan materi penjelasan dan informasi terkait dengan FMIPA UM, beserta penjelasan mengenai fasilitas yang ada di Universitas Negeri Malang pada umumnya dan FMIPA UM pada khususnya yang disampaikan oleh Bapak Laili Qirom. Disela-sela penyampaian informasi tersebut, tak lupa terselip ice breaking untuk mengusir rasa jenuh. (HF)

Workshop Pemahaman ISO 17025 : 2017 Labolatorium Pengujian

Workshop Pemahaman ISO 17025 : 2017 Labolatorium Pengujian

Yth. Seluruh Civitas Akademik UM
Dosen, Tendik dan Mahasiswa

Untuk mendukung peningkatan layanan Laboratorium di Lingkungan Universitas Negeri Malang, sekaligus memberikan bekal kepada mahasiswa terkait pemahaman terkait ISO 17025 : 2017 untuk memasuki dunia kerja, maka kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu Dosen dan Tendik serta Mahasiswa untuk menghadiri undangan kami.
Adapun acara akan diselenggarakan pada :
Hari/tgl : Sabtu, 02 Maret 2024
Tempat : Aula FMIPA UM, Gedung B20 Lantai 2
Waktu : 08.00-15.00 WIB
Biaya Pendaftaran: Rp. 100.000
Mohon mengisi form pendaftaran di: https://bit.ly/FormWorkshopISO17025LabMMM

Terimakasih dan sampai jumpa
Panitia Pelatihan

Chat