You are here: Berita Fakultas >> PENINGKATAN KUALITAS GURU IPA DI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PTK

FMIPA UM

PENINGKATAN KUALITAS GURU IPA DI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PTK

E-mail Print PDF

PENINGKATAN KUALITAS GURU IPA DI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PTK

 Malang, 10 Agustus 2016

 

 

 

 11

Pada tanggal 6 Agustus 2016, program studi Pendidikan IPA menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Pasuruan. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 orang guru tersebut menghadirkan narasumber dosen program studi Pendidikan IPA Dr. Munzil, S,Pd., M.Si., Sugiyanto, S.Pd., M.Si., Safwatun Nida, S.Si., M.Pd., Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd., Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd., Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc., dan Metri Dian Insani, S.Si., M.Pd.

 

Dalam pelatihan tersebut salah satu narasumber Kepala Laboratorium IPA Sugiyanto, S.Pd., M.Si menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Namun dalam perkembangan selanjutnya, penelitian tindakan tersebut akan memberikan manfaat secara luas apabila dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ataupun melalui seminar.

 

Beliau juga membimbing para guru untuk proaktif melakukan refleksi guna menemukan variabel dampak sebagai suatu masalah yang bersumber di kelas dengan cara mendiagnosis kelemahan kegiatan pembelajaran, rendahnya kualitas proses belajar atau hasil belajar siswa. Selanjutnya, beliau meminta para guru untuk menemukan solusi

  Newer:

Add comment

Gunakan bahasan yang baik dan benar. Komentar yang dirasa merugikan dan tidak berkaitan dengan berita akan di delete.


Security code
Refresh


Berita Fakultas >> PENINGKATAN KUALITAS GURU IPA DI KABUPATEN PASURUAN MELALUI PTK