Upayakan Pembelajaran Daring Berintegritas, FMIPA Selenggarakan Workshop Pengembangan Konten SIPEJAR

Hotel Swiss-Belinn, Malang — Guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada perkuliahan dalam jaringan (daring), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (FMIPA UM) menyelenggarakan sekaligus melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Konten Sipejar. Sipejar sendiri merupakan kependekan dari Sistem Pengelolaan Pembelajaran. Sistem ini merupakan bagian dari Siakad (Sistem Informasi Akademik) UM yang mengintegrasikan sistem informasi akademik dan sistem administrasi pembelajaran, serta sistem layanan pembelajaran offline dan online (sipejar.um.ac.id). Sejatinya workshop ini erat kaitannya dengan upaya pencegahan penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Melalui sistem pembelajaran yang telah digagas UM (Sipejar) maka perlu adanya pengembangan konten untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu dari tiap jurusan di FMIPA. Kegiatan ini tentunya diikuti oleh dosen-dosen FMIPA selaku pengampu mata kuliah dalam perkuliahan. Adapun fokus kegiatan dilaksanakan mulai Kamis—Jumat, 27—28 Agustus 2020 di Hotel Swiss-Bellin, Malang.

Kegiatan bertajuk pengembangan konten pembelajaran ini dengan didampingi oleh Dr. Siswoyo, M.PD .(WD 1) dan Dr. Sudirman, M.Pd selaku WD2) acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. selaku Dekan FMIPA UM pagi tadi, Kamis (27/8/2020) di penghujung sesi sambutan. Dalam sambutan disampaikan terkait upaya UM dalam pencegahan Covid-19 yang memberikan keputusan perkuliahan daring.

“Dan ternyata memang yang seperti ini (perkuliahan daring) tidak hanya di universitas kita saja, tidak hanya di Indonesia. Kemarin kami meeting daring dengan kolega dari Australia, dari Taiwan, dari Serbia, dari Malaysia, ternyata juga perkuliahannya daring dari semester ini sampai bulan Desember,” ujar Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. dalam sambutan.

Hal ini disambung dengan penyampaian tanggapan dari FMIPA terkait keadaan yang ada sekaligus upaya pengintegrasian sistem pembelajaran yang telah difasilitaskan kampus. Terdapat target dalam Workshop sebagaimana yang disampaikan pula oleh Dekan FMIPA UM dalam sambutannya yang tentu berkaitan erat dengan pengembangan konten Sipejar.  Di akhir sambutan, beliau menyampaikan bahwa segala tugas dilakukan secara bersama-sama.

Pewarta: Amanatul Haqqil Ibad (S1 Pendidikan Matematika 2017)

Editor: Chantika Putri Ana (S1 Matematika 2018) dan Indra Setiawan (S1 Pendidikan Kimia 2019)

Need Help? Chat with us