Monday , December 16 2019
Home / Akademik FMIPA UM / Data Akademik FMIPA / PEDOMAN LAYANAN KEMAHASISWAAN

PEDOMAN LAYANAN KEMAHASISWAAN

Peningkatan kualitas layanan kepada mahasiswa merupakan salah satu prioritas lembaga pendidikan tinggi. Berkenaan dengan hal tersebut, FMIPA UM mengembangkan pedoman layanan kemahasiswaan yang secara umum bertujuan memberikan informasi bagi mahasiswa dalam mendapatkan fasilitas di lingkungan kampus baik akademik maupun nonakademik. Secara khusus pedoman ini bertujuan untuk menambah wawasan akademik, memberikan bantuan layanan konseling atas permasalahan yang dihadapi, mengembangkan bakat dan minat, meningkat soft skill, serta memberikan informasi tentang beasiswa dan layanan kesehatan bagi mahasiswa di lingkungan FMIPA UM.

                Layanan akademik terdiri atas pengembagan penalaran dan keilmuan serta penunjang akademik. Pengembangan penalaran dan keilmuan mencakup pembinaan program kreativitas mahasiswa (PKM), pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS), pembinaan olimpiade nasional matematika dan ilmu pengetahuan alam (ON MIPA), penyiapan mahasiswa berprestasi (MAWAPRES), serta penyiapan mahasiswa sebagai peserta/pemakalah seminar. Layanan penunjang akademik meliputi ketentuan yang berlaku bagi dosen dan mahasiswa untuk mewujudkan suasana akademik yang kondusif. Layanan bimbingan konseling memberikan arahan bagi mahasiswa utuk mendapatkan bimbingan koseling baik dalam hal pribadi dan sosial maupun akademik dan nonakademik. Layanan bakat dan minat memberikan informasi tentang kelompok-kelompok organisasi mahasiswa yang menekuni pengembangan bakat dan minat dalam berbagai bidang seperti Komite Olahraga MIPA (KOMIPA), Forum Studi Sainsce dan Teknologi (FS2T), Kreativitas Islam MIPA (KARISMA), Gema Suara Cipta 5 (GSC-5), Teater Proses, dan Science Enterpreneur (SE). Layanan soft skills memberikan informasi tentang latihan ketrampilan manajemen mahasiswa (LKMM). Layanan beasiswa memberikan informasi tentang jenis-jenis beasiswa bagi mahasiswa serta syarat-syarat pengajuannya. Layanan kesehatan mahasiswa memberikan jenis-jenis layanan kesehatan bagi mahasiswa.

                Semoga dengan pedoman ini aktivitas pelayanan mahasiswa di lingkungan FMIPA UM menjadi lebih optimal dan berjalan dengan baik sehingga mahasiswa dapat meningkatkan prestasinya.

 

Dowload Pedoman: Pedoman Layanan Kemahasiswaan FMIPA

Check Also

Pengumuman S2 Fisika dan Biologi

Share on FacebookShare on Google+Share on Twitter

Need Help? Chat with us