Monday , August 19 2019
Home / Akademik FMIPA UM / Karya Ilmiah / Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya 2017_a.n Dr. Suharti, M.Si_Community of Inquiry dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya 2017_a.n Dr. Suharti, M.Si_Community of Inquiry dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya 2017
Jurusan Kimia FMIPA UM
5 November 2017

 

Community of Inquiry dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Indira Wahyu Alfaterra, Surjani Wonorahardjo, Suharti

Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5, Malang 65145

e-mail: indira.alfaterra@gmail.com

Abstrak: Pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi siswa. Topik pembelajaran yang kompleks membutuhkan
engagement yang mendalam. Engagement siswa dapat ditingkatkan dengan cara mendorong siswa untuk berinteraksi satu sama lain
(Decristofaro, dkk., 2014). Berbagai penelitian menunjukkan bahwa interaksi dapat meningkatkan pemahaman materi. Interaksi sosial
cenderung efektif untuk mendorong adanya kolaborasi dan membangun komunitas pada pembelajaran online maupun blended (Agosto, dkk.,
2013). Blended learning menggabungkan antara unsur penyampaian tatap muka dan online. Pada akhirnya blended learning ini membentuk
suatu komunitas di lingkungan online untuk melakukan pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan membentuk community of inquiry
yang mendukung adanya koneksi dan kolaborasi antara peserta didik. Tiga unsur dalam kerangka Community of Inquiry adalah kehadiran
sosial, kehadiran kognitif, dan kehadiran pengajaran. Fokus dalam Community of Inquiry dalam Blended Learning adalah siswa mampu
mengkonstruk pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan guru, teman, dan materi pembelajaran. Tahap pembelajaran Community of
Inquiry dalam Blended Learning terdiri dari triggering event, exploration, integration, dan application.
Kata kunci: community of inquiry, blended learning, pemahaman konsep

Abstract: Learning is purposed to increase student’s understanding. Complex topic needs deeper engagement. Engagement can be increased
by motivating student to interact with others (Decristofaro, et al., 2014). Many researchs showed that interaction could increase student’s
understanding. Social technology tends to motivate collaboration and build community between student in blended learning and online
learning effectively (Agosto, et al, 2013). Blended learning is a combination between online and offline learning. Blended learning can
build a new community who learn, it can be called Community of Inquiry. Community of Inquiry encourages interaction and collaboration. Three elements of Community of Inquiry are social presence, cognitive presence, and teaching presence. Focus of Community of Inquiry in blended learning is student can construct their
concept via meaningful interaction with other students, teacher, and learning content. Community of Inquiry steps are triggering event, exploration, integration, and elimination.

Keywords: community of inquiry, blended learning, students understanding

 

2017 snkp_Community of Inquiry dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia

Check Also

THE EFFECT OF ABSORBATE VOLUME AND DEGREE OF SWELLING ON ADSORPTION OF DYES BY NATA DE COCO AND NATA DE AQUOTHE EFFECT OF ABSORBATE VOLUME AND DEGREE OF SWELLING ON ADSORPTION OF DYES BY NATA DE COCO AND NATA DE AQUO

Full Paper Link Share on FacebookShare on Google+Share on Twitter

Need Help? Chat with us