Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2016-a.n Dr. Suharti, M.Si_IDENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP PADA MATERI REDOKS KELAS X DI SMA

Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya

“Riset Unggulan Kimia dan Pembelajarannya sebagai Integritas dan Daya Saing Bangsa”

IDENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP PADA MATERI REDOKS KELAS X DI SMA

 

IDENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP PADA MATERI REDOKS KELAS X DI SMA

Noni Asmarisa,  Endang Budiasih, Suhartia
Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang 65145
* Corresponding author‘s email: noni.asmarisa@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep yang di alami siswa pada konsep reaksi redoks kelas X. Racangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan satu kelompok subjek untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan konsep pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Blitar pada materi redoks. Instrument tes terdiri dari 9 soal two tier.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep reaksi redoks paling banyak terjadi adalah pada konsep bilangan oksidasi, pengklasifikasian reaksi, serta penentuan oksidator dan reduktor.

Kata kunci: kesalahan konsep, redoks, tes diagnostic

ABSTRACT
The objectives of this was to indentify misconceptions experienced students in class X redox reactions concept This research is descriptive quantitative research involving one group of subjects to identify and describe the misconceptions in class XI SMA Negeri 3 Blitar on redox reactions conceptl. Instrument test consists of 9 about two- tier multiple choice . Result from research shows that misconceptions redox reaction is most common on the concept of oxidation, the classification of the reaction, as well as the determination of oxidizing and reducing agents.

Keywords: misconceptions, redox rectioon, diagnostic test

 

2016 snkp_DENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP PADA MATERI REDOKS KELAS X DI SMA

Need Help? Chat with us