Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya
“Riset Unggulan Kimia dan Pembelajarannya sebagai Integritas dan Daya Saing Bangsa”

 

DENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 MALANG PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
Nimas Roro Herawati, Dermawan Afandy, Suharti
Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang
E-mail : nimasroroherawati.21@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik , miskonsepsi, dan hubungan antara pemahaman konseptual dan algoritmik peserta didik kelas XI SMAN 2 Malang pada materi sifat koliogatif larutan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian diskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yaitu tes diagnostik pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) tingkat pemahaman konseptual peserta didik tergolong sedang
(52%) dan pemahaman algoritmik peserta didik tergolong tinggi (71%), (2) peresentase miskonsepsi peserta didik tertinggi terdapat pada pokok bahasan tekanan osmosis yaitu π cairan < π plasma darah, maka larutan hipotonik yang mengakibatkan sel darah mengkerut karena kehilangan air (52%) (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik peserta didik pada materi sifat koligatif larutan elektrolit dengan koefisien korelasi sebesar 0,327.

Kata Kunci : sifat koligatif larutan, pemahaman konseptual siswa, pemahaman algoritmik siswa , miskonsepsi, tes diagnostik pilhan ganda beralasan terbuka

 

2016 snkp

Chat