Prosiding SNKP 2016 a.n Dr. Suharti, M.Si

Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya
“Riset Unggulan Kimia dan Pembelajarannya sebagai Integritas dan Daya Saing Bangsa”

 

DENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 MALANG PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
Nimas Roro Herawati, Dermawan Afandy, Suharti
Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang
E-mail : nimasroroherawati.21@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik , miskonsepsi, dan hubungan antara pemahaman konseptual dan algoritmik peserta didik kelas XI SMAN 2 Malang pada materi sifat koliogatif larutan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian diskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yaitu tes diagnostik pilihan ganda beralasan terbuka. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) tingkat pemahaman konseptual peserta didik tergolong sedang
(52%) dan pemahaman algoritmik peserta didik tergolong tinggi (71%), (2) peresentase miskonsepsi peserta didik tertinggi terdapat pada pokok bahasan tekanan osmosis yaitu π cairan < π plasma darah, maka larutan hipotonik yang mengakibatkan sel darah mengkerut karena kehilangan air (52%) (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik peserta didik pada materi sifat koligatif larutan elektrolit dengan koefisien korelasi sebesar 0,327.

Kata Kunci : sifat koligatif larutan, pemahaman konseptual siswa, pemahaman algoritmik siswa , miskonsepsi, tes diagnostik pilhan ganda beralasan terbuka

 

2016 snkp

Need Help? Chat with us