Sunday , December 16 2018
Home / Berita Fakultas / Berita Fakultas / Kunjungan Prof. Shogo Shimazu dari Chiba University ke Jurusan Kimia dan FMIPA UM

Kunjungan Prof. Shogo Shimazu dari Chiba University ke Jurusan Kimia dan FMIPA UM

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) khususnya Jurusan Kimia UM mendapat kunjungan Prof.  Shogo Shimazu dari Faculty of Engineering, Chiba University pada 14-17 September 2018. Prof. Shogo Shimazu memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan dosen Jurusan Kimia dengan tema “Heterogenous catalyst for fine chemical synthesis from biomass-derived compounds”. Pada acara pembukaan kuliah tamu, Dr. Markus Diantoro, M.Si. selaku Dekan FMIPA menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan kepada Prof. Shogo Shimazu dengan harapan kunjungan ini akan memberikan feedback positif ditengah-tengah pengajuan Memorandum of Agreement (MoA) antara FMIPA UM dengan Faculty of Engineering, Chiba University. MoA yang diajukan oleh Husni Wahyu Wijaya, Ph.D, dosen Jurusan Kimia UM sekaligus Ketua Hubungan Kerjasama FMIPA UM diharapkan akan memberikan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa dari kedua fakultas untuk melakukan joint research and publication dan student exchange. Kuliah umum dimulai dengan pengenalan lingkungan hijau dari Chiba University beserta suasana akademiknya dan penelitian-penelitian di Faculty of Engineering serta Department of Applied Chemistry and Bioctechnology (www.eng.chiba-u.jp/e-index.html). Secara ringkas, beliau menjelaskan dan mengajak untuk bahwa biomass dari ampas gula dan ampas kelapa sawit bisa dimanfaatkan untuk memproduksi bahan kimia dan bahan bahan bakar. Dalam penelitiannya beliau fokus menggunakan katalis yang ramah lingkungan dan murah yaitu katalis nikel termodifikasi untuk sintesis bahan kimia seperti 1,5-pentanadiol, furfuryl alkohol, dan senyawa organik lainnya an bahan bakar seperti furfural eter dari senyawa-senyawa turunan biomassa.  Research Interest dari Prof. Shogo Shimazu meliputi interlayer catalysts, intermetallic catalysts, perovskite catalysts for organic synthesis, catalytic utilization of biomass derived compounds, and hybrid layer materials (untuk lebih detail https://www.researchgate.net/profile/Shogo_Shimazu).

Beberapa agenda yang lain dari Prof. Shogo Shimazu adalah berkunjung ke Laboratorium Mineral dan Material Maju dan Laboratorium Pembelajaran serta Laboratorium Penelitian Universitas Negeri Malang, group discussion dengan dosen jurusan kimia, sharing tentang peluang scholarship for graduate student di Chiba University serta kesempatan untuk melakukan penelitian di Laboratoriumnya. Pesan khusus beliau dari Kunjungan Laboratorium di Jurusan Kimia yaitu fasilitas dan peralatan harus terus ditingkatkan sehingga dosen bisa melakukan riset dan mudah membangun kerjasama atau kolaborasi dengan professor di Chiba University khususnya.  Pada sesi sharing scholarship dan kerjasama penelitian, mahasiswa S2 Kimia UM, (Program S2 Kimia UM dibuka sejak 2017) sangat antusias dalam melakukan tanya jawab dengan Prof. Shogo Shimazu.

Prof. Shogo Shimazu dengan beberapa dosen Jurusan Kimia UM usai Kunjungan Laboratorium.

Prof. Shogo Shimazu dengan dosen muda Jurusan Kimia UM dan Mahasiwa S2 Kimia UM usai sharing Scholarship dan peluang kolaborasi penelitian

Padatnya agenda beliau selama kunjungan di FMIPA UM, beliau dan istrinya juga menyempatkan diri menikmati indahnya Sunrise dari puncak Gunung Bromo. Agenda yang paling berkesan yang dirancang oleh Jurusan Kimia UM bagi beliau adalah menikmati Tari Topeng Patih Malang dan mewarna Topeng di Padepokan Topeng Malangan Asmorobangun. Beliau sangat berterima kasih untuk agenda yang sangat baik ini.

Prof. Shogo Shimazu beserta istri di Gunung Bromo.

Foto Bersama dengan penari Tari Patih Malangan

Hasil mewarna Topeng Malangan

Semoga kerjasama dan kolaborasi antara FMIPA UM dengan Chiba Univesity ke depan bisa direalisasikan dan diwujudkan dalam bingkai MoA antara keduanya. Sukses terus Kimia UM dan FMIPA UM.

(Penulis: Husni Wahyu Wijaya, S.Si., S.Pd., M.Si., Ph.D)

Check Also

Dies Natalis ke-64 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang

Dies Natalis ke-64 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang yang bertemakan bekerja …