Friday , November 16 2018
Home / Berita Fakultas / Pengumuman / Alur Pengecekan Plagiasi Untuk Naskah Ilmiah Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel Jurnal, Makalah, Proposal, Dan Buku Teks Di Lingkungan FMIPA UM

Alur Pengecekan Plagiasi Untuk Naskah Ilmiah Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel Jurnal, Makalah, Proposal, Dan Buku Teks Di Lingkungan FMIPA UM

A.  RASIONAL

Dalam rangka mendorong produktivitas karya ilmiah yang terbebas dari plagiasi baik secara sengaja atau tidak, maka bagi kalangan dosen, mahasiswa dan tendik di lingkungan FMIPA UM diwajibkan untuk melakukan cek plagiasi. Untuk mendukung program tersebut FMIPA UM telah menerbitkan buku Pedoman Etika Ilmiah FMIPA UM (2015) dan membentuk panitia atau satgas cek plagiasi yang dikuatkan dengan surat tugas Dekan FMIPA UM, tertanggal 25 Mei 2018. Diharapkan para dosen, mahasiswa, dan tendik dapat memanfaatkan kesempatan cek plagiasi dan dosen/tendik yang ditunjuk sebagai satgas dapat menjalankan tugasnya secara cermat, jujur dan bertanggungjawab.

B. PROSEDUR

  1. Syarat-syarat
  2. Dosen, mahasiswa, tendik yang dilayani pengecekan plagiasi naskahnya adalah civitas akademika FMIPA UM (yang masih aktif)
  3. Naskah karya ilmiah yang dicek plagiasi dengan software TURNITIN dalam bentuk file Word/Doc, PDF, Excel
  4. Ukuran dokumen/naskah tidak lebih dari 20 mb
  5. Bagi mahasiswa naskah yang diajukan cek plagiasinya telah mendapat persetujuan (ACC) dari dosen pembimbing
  6. Mengisi format pengajuan cek plagiasi yang dapat di download di fmipa.um.ac.id
  7. Alur pengecekan
    1. File naskah/dokumen yang akan dicek plagiasi dikirim melalui email satgas plagiasi jurusan/prodi (mat@um.ac.id, gpm.fis@um.ac.id,  gpm.kim@um.ac.id,  gpm.bio@um.ac.id,  gpm.ipa@um.ac.id, upm.fak@um.ac.id)
    2. Satgas cek plagiasi masing-masing jurusan/prodi akan segera melakukan proses cek plagiasi dengan TURNITIN atau paling lambat 3 hari setelah naskah dikirim.
    3. Hasil cek plagiasi dalam bentuk PRINT SCREEN laman TURNITIN yang ditempel dalam file word dan dilampirkan pada Surat Keterangan Bebas Plagiarisme (download di fmipa.um.ac.id) yang telah diverifikasi/tanda tangani satgas dikirim ke email upm.fak@um.ac.id sebagai dasar penerbitan sertifikat bebas plagiasi.
  8. Sertifikat dan Legalisasi
    1. Sertifikat bebas palgiasi diverifikasi oleh Ketua UPM dan ditandatangi Dekan/Wakil Dekan I FMIPA UM.
    2. Sertifikat dapat diambil pada Subag Akademik FMIPA UM pada jam kerja.

C. BIAYA

Proses cek plagiasi bagi dosen, mahasiswa dan tendik di lingkungan FMIPA UM tidak dikenakan biaya (gratis).

Contoh PRINT SCREEN laman TURNITIN

Download Surat Keterangan Bebas Plagiarisme Download Surat Permohonan Cek Bebas Plagiarisme

Check Also

Asian Youth Leaders Travel & Learning Camp Singapore

Welcome to AYLTLC 2019 Distinguished Participants & Advisors, We would like to extend our warmest …