GERTAK (Gerakan Satu Aksi Mahasiswa MIPA)

Peringatan Hari Kesehatan Nasional dalam Aksi Donor Darah Dan Cek Kesehatan Gratis di Gedung O8 FMIPA UM

            Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasioanl, Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA UM 2016 mengadakan sebuah aksi yaitu cek kesehatan gratis bekerjasama dengan Poliklinik UM dan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Malang. Pelaksanaan aksi tersebut pada hari kamis tanggal 7 April 2016 bertempat di gedung O8 FMIPA UM. Kegiatan aksi ini ditujukan kepada warga FMIPA UM, baik dari dosen, pegawai hingga mahasiswa.

gertak I

 

            Alur untuk cek kesehatan gratis oleh Poliklinik UM yaitu yang pertama, mengisi lembar identitas diri pada lembar cek kesehatan kemudian mengantri sesuai nomor yang nantinya akan disebut nama dari pasien untuk cek kesehatan gratis. Untuk cek kesehatan gratis meliputi, cek berat badan, cek kebutaan, cek golongan darah, dan konsultasi mengenai kesehatan dengan dokter. Sedangkan alur untuk donor darah oleh PMI Kota Malang yaitu yang pertama, mengisi lembar identitas diri pada lembar identitas dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Kemudian menjalani tes berat badan, tes tekanan darah, tes golongan darah, dan tes Hemoglobin (Hb). Setelah lolos dari tahap tersebut maka dinyatakan boleh donor darah 1,5 cc kantong darah.

gertak 2

            Kegiatan GERTAK ini dimulai dari jam 08.00 WIB dengan tidak adanya pembukaan acara secara resmi. Pada awalnya keberadaan massa untuk aksi ini masih sedikit dikarenakan pada hari itu merupakan hari aktif kuliah, namun memasuki jam 10.00 WIB massa mulai berdatangan. Antusias warga FMIPA sangat bagus karena kegiatan pengecekkan kesehatan gratis dan donor darah sangat jarang diadakan di lingkungan FMIPA. Warga FMIPA berharap acara ini tidak hanya dilaksanakan seperiode, namun sesuai prosedur pelaksanaannya untuk donor darah yaitu 3 bulan sekali. –isn–

Chat