Kurikululum Pembelajara dan Suasana Akademik

 Suasana Akademik

Peran Fakultas dalam mendorong suasana akademik yang kondusif

Suasana akademik yang kondusif adalah suasana akademik dimana terjadi interaksi akademik antarsivitas (dosen dan mahasiswa), tumbuhnya minat belajar dan kreativitas mahasiswa baik dalam bidang yang terkait langsung maupun tidak langsung secara akademik.

Penciptaan suasana akademik di kalangan dosen ditempuh dengan membentuk kelompok-kelompok bidang minat dan keahlian (disebut KBK) dan mengembangkan berbagai aktivitas akademis di kelompoknya. Selain itu, juga mendorong kegiatan seminar dan diskusi, baik di tingkat KBK maupun jurusan dengan melibatkan mahasiswa. Pelibatan dosen dalam pengambilan keputusan di tingkat jurusan juga terus dikembangkan.

Penciptaan suasana akademik di lingkungan mahasiswa dilakukan dengan memberikan dukungan kepada organisasi kemahasiswaan untuk mengembangkan berbagai kegiatan non kurikuler (akademik maupun non akademik). Interaksi akademis juga dibangun melalui kegiatan intrakurikuler seperti diskusi kelompok bidang keahlian yang diikuti mahasiswa, pembimbingan PKM, pendampingan kegiatan organisasi kemahasiswaan, pengenalan kehidupan kampus (bagi mahasiswa baru), dan pengenalan dunia kerja (bagi mahasiswa tingkat akhir), saresehan dosen-mahasiswa.

Penciptaan interaksi akademis antara dosen dan mahasiswa ditempuh melalui kegiatan praktek lapangan, layanan konsultasi di luar jam kuliah, penyertaan mahasiswa dalam kegiatan KBK dosen, bagi dosen yang mendapatkan hibah penelitian disarankan mengajak mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian itu dan bagian dari penelitian dosen tersebut dapat digunakan sebagai judul penelitian skripsi masing-masing mahasiswa, penyertaan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (khususnya layanan laboratorium untuk sekolah), pembinaan olimpiade, pembinaan penelitian dan karya tulis ilmiah.

Untuk meningkatkan suasana akademik, FMIPA UM terus mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana yang diperlukan. Sebagai contoh, FMIPA UM menyediakan ruang kantor untuk seluruh organisasi kemahasiswaan lengkap dengan hall dan ruang rapat (menempati satu lantai penuh di lantai dasar di gedung O8), menyediakan ruang kerja dosen beserta fasilitasnya, ruang seminar di setiap jurusan, aula utama (di Fakultas), sarana akses internet (kabel dan nirkabel), dan lingkungan sekitar fakultas seperti taman, gazebo, dan teras-teras yang dilengkapi dengan sarana belajar meja, kursi, dan saluran listrik.

Pimpinan fakultas juga berusaha untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi mahasiswa, antara lain sebagai berikut. (1) Jadwal kuliah diselenggarakan dari Senin sampai dengan Jum’at dalam seminggu dan hari Sabtu dinyatakan sebagai hari mahasiswa dimana kegiatan mahasiswa diberi kebebasan yang bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan di dalam kampus dan menggunakan fasilitas kampus (Aula,dsb) untuk kegiatan itu. (2) Pengalokasian dana yang diperlukan untuk berbagai aktivitas terkait penciptaan suasana akademik, baik untuk dosen maupun mahasiswa.


Chat