Kurikululum Pembelajara dan Suasana Akademik

 Pembelajaran

Peran fakultas dalam memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran

Monitoring dan evaluasi pembelajaran merupakan bagian penting proses penjaminan mutu di FMIPA UM. Fakultas (bersama-sama pimpinan jurusan dan unit–unit pelaksana penjaminan mutu) senantiasa berusaha meningkatkan kualitas monev dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.

Monitoring dan evaluasi dilaksanakan secara berkala pada awal, tengah, dan akhir semester, oleh Unit Penjaminan Mutu (di tingkat fakultas) bekerja sama dengan Gugus Penjaminan Mutu (di tingkat Jurusan). Monitoring evaluasi ini dilakukan secara on line. Monitoring mencakup semua aspek akademik seperti kehadiran dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, kelengkapan SAP, kesesuaian perkuliahan dengan silabus, pelaksanaan ujian dan umpan baliknya, serta penilaian akhir matakuliah. Pada akhir semester juga dilakukan evaluasi terhadap kinerja bidang pendidikan, antara lain dengan menelaah hasil belajar mahasiswa (IP semester), kualitas lulusan (masa studi dan IPK) pada semester yang bersangkutan, dan umpan balik mahasiswa terhadap perkuliahan yang diikuti dalam semester tersebut (Standar 2 point 2.5. Penjaminan Mutu).

Kegiatan lain yang telah dan akan terus dikembangkan oleh FMIPA UM antara lain: monitoring hasil studi tiap semester (ditindaklanjuti dengan laporan hasil studi ke orang-tua/wali mahasiswa dan rapat evaluasi dengan para ketua jurusan), penjaringan umpan balik perkuliahan (dari mahasiswa) pada setiap akhir semester (ditindaklanjuti dengan penyampaian hasil ke setiap dosen), serta penjaringan umpan balik dari alumni baru (saat upacara kelulusan).

Chat