Kurikululum Pembelajara dan Suasana Akademik

Kurikulum

Peran Fakultas dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk progam studi yang dikelola

Sebagai unsur pelaksana akademik di tingkat fakultas, FMIPA UM mengemban tugas dan tanggungjawab untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi berbagai kegiatan akademik yang dilaksanakan di semua jurusan/prodi di lingkungan FMIPA UM. Kegiatan penyusunan dan pengembangan kurikulum merupakan salah satu kegiatan penting yang menjadi perhatian FMIPA UM dan dituangkan dalam program operasional tahunan.

Upaya yang telah dan terus dilakukan oleh FMIPA UM dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum antara lain sebagai berikut. (1) Mendorong dan memfasilitasi jurusan/program studi untuk menelaah relevansi kurikulum yang berlaku, mengembangkan perangkat kurikulum (SAP, handout, dan lesson plan), mengembangkan metode pembelajaran yang lebih baik (melalui diskusi, lesson study, dan penelitian), meningkatkan kualitas pembimbingan skripsi, menelaah keterlaksanaan kurikulum, dan mengembangkan paket-paket pilihan dalam rangka meningkatkan relevansi kurikulum. (2) Menyelenggarakan seminar dan workshop pengembangan kurikulum berbasis learning yang mengacu pada KKNI mulai tahun 2013 sampai 2015 dan telah diterapkan pada proses pembelajaran sejak tahun 2013.

Semua biaya yang diperlukan jurusan/program studi dalam rangka penyusunan, pengembangan, dan implementasi kurikulum dialokasikan dalam anggaran fakultas dengan mengikuti mekanisme baku penggunaan uang negara.

Chat