M. Muchson-MEDIA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KIMIA (MKPK), Kimia Volume 1, Nomor 1, Desember 2015

Media Komunikasi Pembelajaran Kimia Volume 1, Nomor 1, Desember 2015, ISSN 2407-7704

 

Menggali Pemahaman Konsep Dan Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UM Angkatan 2013 Pada Topik Ikatan Ionik Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Two Tier

 

M. Muchson, Prayitno, & M. Su’aidy

Jurusan Kimia, FMIPA

Universitas Negeri Malang

m.muchson.fmipa@um.ac.id

 Abstrak: Salah satu topik penelitian miskonsepsi dalam pembelajaran kimia adalah ikatan ionik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman konsep dan mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UM angkatan 2013. Penelitian ini menjadi sangat vital untuk dilakukan karena para mahasiswa tersebut adalah calon guru kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan subjek 110 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik two tier yang telah dikembangkan oleh Wardani (et al., 2014). Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa yang memahami konsep dalam setiap subtopik pada topik ikatan ionik cukup rendah, yaitu 34 % dan diidentifikasi sebanyak 25 jenis miskonsepsi.

 Kata kunci: pemahaman konsep, miskonsepsi, ikatan ionik

 Abstract: One of the misconception research topics in the chemistry classroom is the ionic bonding. This study aimed to explore the conceptual understanding and identify misconceptions experienced by students of Chemistry Education Department of MIPA Faculty of UM year 2013. This research is vital to do for these students because they are prospective teachers of chemistry in senior high school. This research uses descriptive design with 110 subjects. The research instrument used were the two tier diagnostic test that had been developed by Wardani (et al., 2014). The result showed that the students showed low level of conceptual understanding, 34 % students on average understood the concepts in each sub topic. Moreover, 25 misconceptions were identified.

 Keywords: conceptual understanding, misconception, ionic bonding

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us