Makalah ini membahas tentang masalah kontekstual yang digunakan sebagai titik awal dalam pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Dalam RME, masalah kontekstual dirancang untuk mendukung proses penemuan yang memungkinkan siswa memahami matematika formal. Masalah kontekstual didefinisikan sebagai masalah dimana situasi masalah tersebut merupakan pengalaman nyata bagi siswa. Desain pembelajaran dengan pendekatan RME untuk matakuliah kalkulus di ambil sebagai contoh, untuk mengilustrasikan bahwa teori yang berdasarkan pada desain heuristik yang menggunakan masalah kontekstual dan pemodelan, yang dikembangkan untuk matematika sekolah dasar, juga cocok untuk suatu topik yang lebih lanjut seperti kalkulus. Perhatian khusus diberikan pada heuristik RME yang mengacu pada peran model-model yang bisa bekerja pada sebuah perubahan dari sebuah model-of menuju sebuah model-for penalaran matematika. Pada proses perubahan model-of dan model for, ini memperlihatkan bahwa fungsi dan grafiknya memainkan peran kunci sebagai sebuah perantara antara masalah kontekstual yang harus diselesaikan dan kalkulus formal yang dikembangkan.

Kata kunci: masalah kontekstual, realistic mathematics education, model-of, model-for, matematika formal, fungsi dan grafik

Chat