Tuesday , December 12 2017
Home / Berita Fakultas / Kemahasiswaan dan Alumni / Kuliah Umum “The Miracle of X-Ray Difraction on The Single Crystal Lumination”

Kuliah Umum “The Miracle of X-Ray Difraction on The Single Crystal Lumination”

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, maka harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berpotensi untuk digali dan dikembangkan, selanjutnya diimplementasikan menjadi sumber daya manusia yang berdaya jual dan berkualitas tinggi serta dapat mengolah sumber daya tersebut menjadi sumber daya yang tidak lepas dari keorisinilannya.

                Keberadaan mahasiswa sebagai kaum intelek mempunyai makna yang sangat urgen dalam dinamika kehidupan bernegara. Julukan sebagai “Agent of Change, Moral Force, dan Social Control” menuntut mahasiswa untuk memiliki sikap yang kritis, aktif, social dan bertanggung jawab. Sikap ini mutlak diperlukan mahasiswa untuk dapat memberikan sumbangannya kepada masyarakat, bangsa dan Negara sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itulah mahasiswa memerlukan suatu bekal moral dan pengetahuan untuk dapat menjalankan tiga fungsinya secara konsekuen dan kontinu.

                Dalam perkembangannya, peningkatan skill dan kualitas diri manusia merupakan suatu proses berangkai yang kompleks. Proses ini dilakukan tidak hanya dalam bentuk belajar terstruktur saja, tetapi juga berusaha mencari sesuatu yang baru melalui referensi lain dan aplikasi secara nyata. Bertolak pada hal tersebut kami termotivasi untuk mengadakan suatu kegiatan “Kuliah Umum”.

                Kegiatan ini merupakan program kerja kementrian Riset dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA, dilakukan dengan tujuan meningkatkan iklim akademis, motivasi riset, dan wawasan keilmuan FMIPA.

                Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Maret 2013 di AULA FMIPA Universitas Negeri Malang. Pada dasarnya kuliah umum ini berjalan dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Acara dimulai pukul 12.30 WIB yang diawali dengan presensi peserta. Jumlah peserta yang hadir adalah sekitar 241 orang yang terdiri sebagian besar terdiri dari mahasiswa FMIPA UM serta beberapa mahasiswa fakultas lain dan mahasiswa perguruan tinggi di luar UM. Pada pukul 13.00 WIB acara dibuka dengan sambutan-sambutan yang selanjutnya penyampaian materi oleh Prof. Effendy, Ph.D. Peserta cukup antusias dan tertarik dengan materi yang disampaikan.

 

About admin01

Check Also

Up Grading Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika 2013 “Improve Your Skill to be A Good Leader”

A. Latar Belakang Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Universitas Negeri Malang merupakan wadah untuk mengembangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *