WORKSHOP KURIKULUM BERBASIS KBK DAN KKNI

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Karangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang merupakan acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Menyikapi hal tersebut, pada tanggal 18-21 Maret 2013 FMIPA Universitas Negeri Malang menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis KBK dan KKNI” bertempat di Ruang Rapat FMIPA UM. Peserta workshop tersebut terdiri dari Para Wakil Dekan, Para Ketua Jurusan, Para Sekertaris Jurusan,  Koprodi Pendidikan IPA, Para Tim Kurikulum, Kabag TU, dan Kasubag Pendidikan. Pembicara Utama yaitu H. Sulur, S.Pd, M.Si (Dosen Jurusan Fisika-FMIPA UM) menjelaskan tentang “Penyusuna Kurikulum Berbasis Kompetensi KBK dan KKNI Prodi di FMIPA UM”, dimana beliau menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan KKNI melalui 8 tahapan yaitu Menetapkan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusuan Rencana Perkuliahan. Setelah penyampaian bahan workshop oleh H. Sulur, S.Pd, M.Si dilanjutkan dengan diskusi kelompok penyusunan kurikulum berbasis KBK dan KKNI per jurusan  dan per kelompok program studi. 

Pada hari Kamis 21 Maret 2013, dilaksanakan presentasi hasil penyusunan kurikulum prodi berbasis KBK dan KKNI dari hasil diskusi kelompok per program studi yang di sampaikan oleh Wakil Dekan I FMIPA UM (Prof. Dr. Subandi, M.Si). (Pra)

DSC 0009

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat