Jurusan, Program Studi dan Akreditasi

Sejak tahun akademik 2012/2013 FMIPA Universitas Negeri Malang mengelola 9 pro­gram studi. Pro­gram studi serumpun, baik kependidikan maupun non kependidikan, dikelola dalam satu jurusan, sehingga saat ini  di FMIPA ada 8 Prodi yang tergabung kedalam 4 jurusan , dan satu Prodi Setingkat Jurusan  yaitu Prodi Pendidikan IPA.
 
Jurusan Matematika mengelola Program Studi Pendidikan Matematika dan  Pro­gram Studi Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika diharapkan dapat menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika  yang berkompeten sebagai pengajar yang profesional dalam merancang sistem dan model-model pembelajaran yang menimbulkan kreatifitas peserta didik, serta mampu mengembangkan beragam media pembelajaran yang inovatif, dan kritis terhadap penyelenggaraan system pendidikan dan pengajaran. Program Studi Matematika dimaksudkan untuk menghasilkan Sarjana Matematika yang berkompeten  dalam mengembangkan dan mene­rap­kan matematika kedalam berbagai bidang, dan ber­po­tensi sebagai peneliti pada instansi yang me­mer­lukan kajian matematika (LIPI, LAPAN, BPPT atau lembaga penelitian lainnya), seta berpotensi dosen, dan prak­tisi pada bidang: industri, perbankan, asuransi, statistik terapan, telekomunikasi, dan informatika.
 
Jurusan Fisika mengelola Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fi­sika. Program Studi Pendidikan Fisika dimaksudkan untuk menghasilkan Sar­ja­na Pendidikan Fisika  berkompeten sebagai pengajar fisika yang profesional, pengembang metode pembelajaran fisika yang inovatif, pengembang media pembelajaran fisika berbasis IT maupun konvensional dan pengembang kurikulum serta instruktur pelatihan pendidikan fisika. Program Studi Fisika bertujuan menghasilkan Sarjana Fisika yang berkompeten dalam bidang penelitian dan pengembangan (khususnya dalam bidang Fisika Material, Elektronika dan Instrumentasi, serta Komputasi dan Teknologi Informasi) dan berkom-peten sebagai peneliti pada divisi Research and Development di dunia industri. Lulusannya diharapkan juga berpotensi sebagai dosen yang siap melanjutkan ke jenjang pendidikan.
 
Jurusan Kimia mengelola Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Ki­mia. Program Studi Pendidikan Kimia bertujuan menghasilkan Sarjana Pen­di­dik­an Kimia yang berkompeten sebagai tenaga pengajar kimia professional, perancang sistem pembelajaran kimia yang inovatif dan modern, pengembang media pembelajaran kimia berbasis komputer (WEB dan sejenisnya) dan konvensional, serta pengamat kritis terhadap sistem pembelajaran kimia di sekolah menengah. Lulusannya juga berpotensi untuk menjadi dosen dan tenaga instruktur kimia di lembaga-lembaga pelatihan pendidikan, baik negeri ataupun swasta. Program Studi Kimia bertujuan menghasilkan Sarjana Kimia yang berkompeten sebagai tenaga peneliti kimia diberbagai lembaga penelitian (seperti LIPI, BPPT, dan Balai Penelitian), pada divisi Research and Development, dan pengendali mutu pada divisi Quality Control. Lulusan ini juga berpotensi untuk menjadi dosen kimia dan berwiraswasta  dibidang eksplorasi dan pemberdayaan sumber-sumber alam potensial.
 
Jurusan Biologi mengelola Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi  bertujuan menghasilkan Sarjana Pen­didikan Biologi yang prospektif untuk dunia pendidikan biologi, dan IPA.  Lulusannya juga berpotensi untuk menjadi dosen dan tenaga instruktur biologi di lembaga-lembaga pelatihan pendidikan. Program Studi Biologi bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Biologi yang berkompeten sebagai peneliti dibalai penelitian, bioteknologi, agro industri, keluarga berencana dan lingkungan hidup, serta di sektor industri. Lulusan ini juga berpotensi untuk menjadi dosen biologi dan berwiraswasta di bidang agrobisnis. Program Studi Pendidikan IPA merupakan Prodi Baru di FMIPA  UM yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki karakter luhur sebagai pendidik dan memiliki penguasaan materi IPA sekolah, pendekatan pembelajaran, serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar pengembangan profesionalitas keguruan yang memenuhi tuntutan jaman.
 

No.

Jurusan

Prodi

Akreditasi

1.

Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika (S1)

A

Program Studi Matematika (S1)

B

Pendidikan Profesi Guru (PPG)

B

Program Studi Pendidikan Matematika (S2)

B

Program Studi Pendidikan Matematika (S3)

B

2.

Fisika

Program Studi Pendidikan Fisika (S1)

A

Program Studi Fisika (S1)

B

Pendidikan Profesi Guru (PPG)

C

Program Studi Pendidikan Fisika (S2)

B

3.

Kimia

Program Studi Pendidikan Kimia (S1)

A

Program Studi Kimia (S1)

B

Pendidikan Profesi Guru (PPG)

C

Program Studi Pendidikan Kimia (S2)

B

Program Studi Pendidikan Kimia (S3)

C

4.

Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi (S1)

A

Program Studi Biologi (S1)

A

Pendidikan Profesi Guru (PPG)

C

Program Studi Pendidikan Biologi (S2)

A

Program Studi Pendidikan Biologi (S3)

A

5.

 

Program Studi Pendidikan IPA (S1)

C

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us